Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heryawan-Deddy Memimpin

Kompas.com - 25/02/2013, 01:49 WIB

Bandung, Kompas - Pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar sementara memimpin perolehan suara dalam Pemilu Kepala Daerah Jawa Barat untuk masa jabatan 2013-2018, yang berlangsung Minggu (24/2). Sesuai hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei, termasuk hitung cepat Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat, pasangan ini meraih angka di atas 31 persen.

Penghitungan cepat yang dilakukan Litbang Kompas menunjukkan angka 31,57 persen untuk Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar. Raihan suara itu diikuti pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki, Dede Yusuf M Effendy-Lex Laksamana, Irianto MS Syafiuddin (Yance)-Tatang Farhanul Hakim, dan Dikdik M Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib.

Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis, Lembaga Survei Indonesia, MNC Media Research, Syaiful Mujani Research and Consulting, dan Lingkaran Survei Indonesia menemukan angka di atas 32 persen untuk pasangan Heryawan-Deddy. Urutan di bawahnya sama.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar Yayat Hidayat, hasil perolehan suara versi hitung cepat hanya pembanding dari hasil penetapan oleh penyelenggara pemilu. Hasil resmi adalah dari rekapitulasi penghitungan perolehan suara yang dilakukan KPU Jabar.

Penghitungan manual dilakukan berjenjang dari tingkat Panitia Pemungutan Suara, Panitia Pemilihan Kecamatan, KPU kabupaten/kota, dan puncaknya di KPU provinsi. Rekapitulasi dan penetapan hasil perolehan suara di KPU Jabar akan dilakukan 3 Maret 2013. ”Hasil ini belum final. Mari kita awasi dengan saksama proses penghitungan manual yang dilaksanakan KPU,” ujar Heryawan.

Hal senada dikatakan Direktur Utama Polmark Indonesia Eep Saefulloh Fatah, konsultan pasangan Heryawan-Deddy. Simpatisan dan tim sukses jangan buru-buru gembira dan lebih baik mengerahkan energi untuk mengawal penghitungan resmi.

Heryawan, yang kini masih menjabat Gubernur Jabar, menyatakan terima kasih kepada polisi dan TNI yang membantu proses pilkada sehingga berjalan lancar. ”Terima kasih juga kepada para kandidat yang secara jujur, bersih, dan bertanggung jawab sejak kampanye hingga pemungutan suara,” ujarnya.

Heryawan meyakini bersama Deddy akan memenangi Pilkada Jabar dalam satu putaran. ”Hasil hitung cepat hampir semua lembaga survei menempatkan kami unggul di atas 30 persen sehingga kami berharap hasil ini tak berbeda jauh dengan hasil manual KPU Jabar,” katanya.

Dede Yusuf legawa

Dede Yusuf, yang kini Wakil Gubernur Jabar, menyatakan bisa menerima hasil hitung cepat yang dilakukan lembaga survei. ”Kami ucapkan selamat. Siapa pun gubernur yang terpilih, itulah pilihan rakyat. Itulah hasil pesta demokrasi. Mudah-mudahan hasil pilkada bisa memberikan kontribusi yang baik bagi warga Jabar,” ujarnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com