Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dede Yusuf Menang di TPS SBY

Kompas.com - 24/02/2013, 14:23 WIB
Sabrina Asril

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf-Lex Laksamana unggul dalam perolehan suara di TPS 05 Kecamatan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (24/2/2013) siang. Dede unggul dengan perolehan 143 suara.

Di bawah Dede, menyusul pasangan calon Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar dengan perolehan suara 89. Sementara di tempat ketiga yakni pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki dengan 20 suara . Di urutan terakhir yakni pasangan Dikdik M Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib dengan 5 suara dan Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul dengan 5 suara. Sebanyak tiga kertas suara dinyatakan tidak sah.

Total ada 265 warga yang menggunakan hak pilihnya dari 328 warga yang terdaftar di TPS ini. Penghitungan suara yang sempat diulang ini pun akhirnya disepakati para saksi setiap calon.

Adapun Dede-Lex menang di TPS tempat keluarga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Jawa Barat. Dede-Lex sendiri disokong oleh empat partai besar yakni Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Pasangan Dede-Lex merupakan salah satu kandidat terkuat dalam Pilkada Jawa Barat. Pasalnya, pasangan ini didukung empat partai besar. Namun, elektabilitas Dede-Lex sempat diprediksi terganggu setelah Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum ditetapkan sebagai tersangka dan akhirnya menyatakan mundur dari partai itu.

Meski begitu, Dede mengaku tidak terpengaruh. Ia pun mengaku tidak terlalu mengiku perkembangan berita saat ini. "Saya kan sekarang ini lebih mengurusi Jabar, berhadapan dengan masyarakat. Jujur saja, secara pribadi saya tidak pernah mengikuti," ucap Dede kemarin. Dede pun yakin kasus Anas tidak akan mempengaruhi suara dukungan warga Jabar. Pasalnya, warga Jabar memilih sosoknya, bukan parpol pengusung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com