Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Juta Buruh Jabar Diyakini Pilih Rieke

Kompas.com - 24/02/2013, 12:56 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pimpinan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nuwa Wea meyakini bahwa buruh di wilayah Jawa Barat akan menyumbangkan suaranya untuk pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki. Sebab, Rieke dianggap sebagai teman seperjuangan kaum buruh.

"Banyak cagub yang mengaku dekat dengan buruh, tapi saya tahu bahwa Rieke-lah yang ikut berjuang dengan mereka di jalan memperjuangkan hak mereka," kata Andi saat ditemui di kediaman Rieke di Kukusan, Beji, Depok, Minggu (24/2/2013).

Menurut Andi, jumlah buruh di Jawa Barat mencapai 6 juta orang yang terbagi di 10 kawasan industri. Dengan jumlah yang cukup besar itu, Andi pun meyakini bahwa Rieke dapat meraup suara banyak dalam persaingan memperebutkan kursi nomor satu di Jawa Barat.

Secara khusus, pria ini berharap, seandainya Rieke terpilih nanti tetap mempertahankan pribadinya yang bersahaja dan memperhatikan kaum buruh.

Andi pun mengaku bahwa ia sudah melakukan pengecekan di beberapa wilayah industri, dan buruh yang bekerja diberikan izin atasannya untuk mencoblos. "Kebetulan TPS-nya dekat dengan tempat mereka bekerja, jadi hampir 70% sudah memberikan suara," kata Andi.

Adapun untuk penduduk perkotaan yang masih belum memberikan suara, Andi punya pendapat sendiri. "Dari 40% warga perkotaan yang belum memutuskan memberi suara, semoga 25% bisa lari ke Rieke. Apalagi peristiwa politik yang terjadi dua hari ini juga bisa membawa pengaruh untuk pemilihan suara hari ini," harap Andi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com