Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Malaka, Ribuan Rumah Tergenang

Kompas.com - 22/02/2013, 20:08 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

ATAMBUA, KOMPAS.com -- Hujan deras yang turun terus menerus di Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur selama dua hari, mengakibatkan sungai Benenain meluap dan merendam 1.289 rumah dan menewaskan 172 ternak.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belu yang dihimpun Kompas.com, Jumat (22/2/2013) menyebutkan dua desa di Kecamatan Malaka Barat yang paling parah terkena banjir, yakni Desa Umato'os sebanyak 760 unit rumah terendam banjir dan dua unit rumah roboh; 60 ekor babi dan 32 ekor ayam mati.

Sementara di Desa Fafoe, 529 unit rumah terendam dan 80 ekor babi mati. Selain rumah dan ternak, banjir juga merusak 21 sumur, 45 unit mandi cuci kakus (MCK), tambak ikan milik warga seluas 24 hektar dan lahan pertanian 640 hektar.

Sementara itu, jumlah warga yang mengungsi sebanyak 630 jiwa yang tersebar di dua dusun, yakni Dusun Lalawar dan Dusun Besin.

Wakil Bupati Belu Ludovikus Taolin kepada Kompas.com, Jumat (22/2/2013) malam mengatakan, pemerintah daerah sejauh ini hanya memberikan bantuan seadanya.

"Kita baru kasih bantuan beras saja, karena untuk penanganan lanjutan, nanti dilakukan beberapa hari ke depan," kata Ludovikus singkat.

Untuk diketahui, banjir akibat luapan sungai Benenain setiap tahun selalu saja merendam rumah warga dan merusak lahan pertanian serta membunuh ratusan ternak. Meskipun sudah ada upaya dari pemerintah dengan membuatkan tanggul, namun banjir di daerah itu masih saja terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com