Kompas.com - 20/02/2013, 21:30 WIB
|
EditorFarid Assifa

MEDAN, KOMPAS.com -- Rumah perakit senjata api jenis air softgun di Jalan Madong Lubis No.16/28, Kelurahan Panda Hilir, Kecamatan Medan Timur, digerebek Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrumsus) Polda Sumut, Rabu (20/2/2013). Penggerebekan tersebut menyita perhatian warga seingga menyebabkan kemacetan arus lalu lintas di Jalan Madong Lubis selama hampir satu jam.

Dalam penggerebakan itu, petugas meringkus perakit senjata bernama Awi (30). Awi mengaku memperoleh senjata api jenis softgun laras panjang dan pendek dari Jakarta melalui jalur darat dan laut.

"Saya beli senjata ini dari Jakarta lewat udara dan laut. Baru tiga tahun saya rakit. Saya cuma merakit saja. Laras pendek saya jual Rp 6 juta, laras panjang belasan juta," kata Awi.

Dirkrimsus Polda Sumut, Kombes Pol Sadono Budi Nugroho mengatakan, dari lokasi penggerebekan disita senjata air softgun laras panjang sebanyak 21 unit dan laras pendek 10 unit.

"Total 31 air softgun laras panjang dan pendek. Kita lakukan penggerebekan karena pelaku tidak punya izin untuk menjual senjata ini. Untuk sementara pelaku kita jerat UU Darurat soal kepemilikan senjata api," kata Sadono.

Menurut Sadono, modus pelaku dengan menjadikan rumahnya sebagai bengkel mobil. Pelaku merakit senjata di lantai dua rumahnya sehingga tidak menimbulkan kecurigaan.

"Selain 31 unit air softgun saja yang kita sita, perlengkapan lainnya seperti peluru, gas, dan sparepart juga kita amankan. Kita masih melakukan pemeriksaan terhadap pelaku," tegasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.