Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Normal, Pungungsi Banjir Manado Mulai Pulang

Kompas.com - 20/02/2013, 17:46 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Tiga hari pascabencana banjir dan tanah longsor yang melanda Manado dan sekitarnya, para pengungsi yang ditampung di posko-posko pengungsian mulai pulang ke rumah.

"Sudah harus pulang dan bersihkan rumah, cuaca sudah mulai bagus," ujar salah satu pengungsi yang ditemui di Masjid Ketang Baru, Kecamatan Singkil, Rabu (20/2/2013).

Di masjid yang beberapa hari sebelumnya sangat padat dengan para pengungsi, kini mulai tampak renggang dan tersisa warga yang sudah lanjut usia. Kondisi yang sama nampak di Posko Pengungsian Terminal Pall II dan Posko Komo Luar.

Walau pengungsi mulai pulang ke rumah mereka, tetapi petugas yang menjaga posko tetap siaga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut, Hoyke Makarawung tetap mengingatkan warga untuk terus berhati-hati. "Walau cuaca sudah mulai normal, tetapi tetap waspada apalagi yang tinggal di daerah rawan bencana dan daerah dibawah tebing," ujar Makarawung.

Makarawung menambahkan, walau pengungsi mulai pulang tetapi pemerintah daerah tetap menyediakan bantuan makanan siap saji, keperluan tidur serta bantuan lainnya. Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, akibat banjir dan tanah longsor yang melanda Manado pada Minggu (17/2) terdapat 41.863 jiwa yang terkena dampak bencana. Dan hingga saat ini ada 18 korban tewas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com