Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Komnas HAM Jangan Prosedural

Kompas.com - 20/02/2013, 16:22 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com- Kunjungan Komisioner Komnas HAM ke hutan Register 45 Mesuji, Lampung, disambut baik warga. Namun, mereka meminta kunjungan itu tidak bersifat prosedural belaka.

"Kami berharap kunjungan ini tidak sekedar seremonial, melainkan ada hal-hal kecil yang bisa dilakukan. Misalnya meminta pemda untuk memberikan layanan kesehatan dasar bagi ratusan balita di Moro-Moro," ujar Sekretaris Jenderal Persatuan Petani Moro-Moro Way Serdang (PPMWS) Syahrul Sidin, Rabu (20/2/2013).

Diberitakan sebelumnya, Komisioner Komnas HAM SN Laila akan berkunjung ke sejumlah daerah untuk meninjau kasus HAM, salah satunya di Register 45 Mesuji. Kunjungan ke Mesuji ini akan dilakukan, Kamis (21/2/2013) dan Jumat (22/2/2013).

Syahrul menambahkan, pihaknya sebelumnya telah berkali-kali melaporkan adanya pengabaian HAM yang dialami warga Moro-Moro ke Komnas HAM. Terakhir, ini dilakukan 2006 lalu.

Selama belasan tahun, warga Moro-Moro yang mendiami kawasan hutan Register 45 Mesuji tidak mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan, listrik, dan sebagainya.

"Saya kira hal-hal kecil yang dilakukan Komnas HAM saat ini akan memberikan preseden baik bagi kinerja komisioner yang baru yang tengah dilanda kisruh internal. Pada Kamis besok komisioner Komnas HAM akan blusukan ke Register 45 untuk bertemu dengan berbagai kelompok di Register 45, termasuk masyarakat Moro-Moro," ujar Syahrul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com