Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Calon Perseorangan Manipulasi Data Dukungan

Kompas.com - 19/02/2013, 16:32 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com- Dua pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Maluku yang mendaftar dari jalur perseorangan diindikasikan memanipulasi data jumlah dukungan agar bisa memenuhi syarat untuk dapat maju dalam pemilihan kepala daerah.

Demikian disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Maluku Jusuf Idrus Tatuhey, di Ambon, Maluku, Selasa (19/2/2013).

Kedua pasangan calon itu, Melianus Wairisal-Abdul Karim Tuanaya, dan William B Noya-Adam Latuconsina.

Dari rekapitulasi dukungan pasangan calon, ada manipulasi dukungan. "Salah satunya, banyak pendukung yang ternyata memberikan dukungan kepada lebih dari satu bakal pasangan calon," kata Jusuf.

Dari hasil rekapitulasi itu diketahui pula bahwa jumlah pendukung yang memenuhi syarat jauh dari batas minimal jumlah dukungan.

Melianus-Abdul mengajukan jumlah pendukung 153.975 orang tetapi yang memenuhi syarat hanya 1.246 orang. Adapun pasangan William-Adam mengajukan jumlah pendukung 221.791 orang, tetapi yang memenuhi syarat hanya 3.770 orang.

Sedangkan untuk maju dari calon perseorangan, pasangan calon harus memenuhi syarat jumlah dukungan 121.307 orang. "Mereka diberi kesempatan satu minggu untuk melengkapi jumlah dukungan sehingga bisa memenuhi syarat," kata Jusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com