Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua TKW Asal NTT Meninggal di Luar Negeri

Kompas.com - 19/02/2013, 15:46 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com — Dua orang lagi tenaga kerja wanita asal Nusa Tenggara Timur meninggal di luar negeri. Jeny Muskanan (40), asal Rote, meninggal di Hongkong; sedangkan Emilia Seran (23), asal Belu, meninggal di Malaysia. Jenazah kedua TKW ini segera dikirim ke NTT.

Sekretaris Asosiasi Perusahaan Jasa Pengerah Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) NTT Yehezkiel Nubatonis, di Kupang, Selasa (19/2/2013), mengatakan, Jeny meninggal dunia pekan lalu dengan cara melompat dari lantai 30 tempat ia bekerja.

"Sementara Emilia meninggal dunia beberapa hari lalu. Tapi kami belum dapat informasi lebih lanjut soal bagaimana caranya ia mati, dan perusahaan mana yang kirim dia," kata Nubatonis.

Sesuai rencana, jenazah Jeny akan tiba di Kupang, Rabu besok. Sementara jenazah Emilia masih diproses Kedutaan Besar RI di Malaysia.

Setiap tahun, antara 5 sampai 10 TKI/TKW asal NTT meninggal dunia di luar negeri. Jumlah ini yang terlapor ke pihak Apjati dan Kedubes RI di luar negeri. Masih banyak TKI asal NTT yang dikenal sebagai pendatang haram meninggal dunia tanpa laporan ke pihak kedutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com