Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Mode Susan Budihardjo Luncurkan Label Busana

Kompas.com - 18/02/2013, 13:40 WIB

KOMPAS.com - Tantangan nyata bagi para siswa sekolah mode tentunya bukan sekadar memamerkan koleksi busana dalam event resmi, tetapi juga menentukan arah mode dan kesiapan dalam memasuki industri mode itu sendiri. Untuk itulah Lembaga Pengajaran Tata Busana Susan Budihardjo bekerjasama dengan Metro Department Store untuk memberikan wadah bagi murid-murid LPTB untuk menjual hasil karya mereka secara langsung.

Sistem konsinyasi ataupun jual-titip di gerai besar ini ditempuh oleh LPTB agar para siswa maupun alumni mandiri dalam berkarya. Ini juga menjadi sarana bagi para murid untuk berhadapan langsung dengan selera masyarakat, sekaligus menawarkan pilihan bagi para pecinta fashion.

Bahkan untuk lebih menguatkan eksistensi karya para siswa di masyarakat, sekolah mode ini mengumumkan peresmian label Number 1 sebagai label yang menawarkan karya para murid dan alumni LPTB. Hal ini juga menandai LPTB Susan Budihardjo sebagai sekolah mode yang pertama menerbitkan label sendiri. 

Number 1 beranggotakan 10 desainer muda, dan menjadikan pameran dagang di Indonesia Fashion Week sebagai debut mereka dalam memajang koleksi busana di hadapan pecinta fashion. Masing-masing anggota wajib menyiapkan 12 busana yang sesuai dengan karakter Number 1, dan tentunya telah lolos seleksi untuk dapat menjual koleksinya.

”Number 1 by LPTB Susan Budihardjo adalah busana yang dapat dipadupadankan dan tak mengenal batas usia pemakainya. Bergaya tanpa harus berlebihan,” demikian menurut Susan Budihardjo, pencetus ide lahirnya label ini.

Selain menghimpun dan menyalurkan ide-ide kreatif, label ini diharapkan dapat membantu murid dan alumni siap menghadapi tantangan yang sesungguhnya dalam menyiapkan peragaan, tampil ke hadapan publik, serta terjun di tengah masyarakat industri mode yang rumit dan kompetitif.

Meluncurkan label di bawah bendera LPTB merupakan inovasi terbaru sekolah mode ini untuk memberikan dukungan bagi para murid dan alumninya. LPTB, yang sudah berdiri selama 33 tahun, secara rutin juga menggelar peragaan busana untuk memamerkan karya siswanya. Sekolah mode ini juga melahirkan banyak desainer terkenal, di antaranya Sebastian Gunawan, Ahmad Sofie, Widhi Budimulia, Eddy Betty, Denny Wirawan, Jeanny Ang, dan Adrian Gan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com