Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Capres PDIP 2019?

Kompas.com - 16/02/2013, 18:45 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Seorang mahasiswa Universitas Padjajaran, Bandung tiba-tiba mendatangi Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo ketika sedang diwawancarai wartawan. Mahasiswa itu meminta kepada Tjahjo agar PDIP mengusung Jokowi sebagai calon presiden 2019.

"Pak Tjahjo, saya mahasiswa Universitas Padjajaran. Kalau PDI Perjuangan masih sayang sama rakyat Indonesia, masih sayang sama partainya sendiri, tolong Pak di tahun 2019 ajak Pak Jokowi untuk diajukan menjadi calon presiden," kata mahasiswa itu kepada Tjahjo, saat kampanye akbar Rieke-Teten, di Lapangan Simpang Parakamuncang, Rancaekek, Bandung, Sabtu (16/2/2013).

Mendengar itu, Tjahjo langsung tertawa dan berkata, "Insya Allah. Tapi, sekarang Pak Jokowi sedang menjawab dahulu apa yang pernah ia janjikan untuk membangun Ibu Kota," kata Tjahjo.

Saat berada di kampanye akbar itu, tak sedikit warga yang memenuhi lapangan tersebut turut mendoakan Jokowi sebagai presiden. Jokowi pun hanya tersenyum seperti biasanya, dan melayani permintaan untuk bersalaman dengannya.

Sementara itu, untuk pemenangan Rieke-Teten menjadi Jabar 1, Tjahjo juga meyakini kalau pasangan ini akan menjuarai Pilkada Jabar yang akan diselenggarakan pada 24 Februari 2013 mendatang.

Menurut Tjahjo, program-program yang diusung oleh Rieke-Teten adalah program-program yang nyata dan bertujuan untuk mensejahterakan rakyat. "Kita cukup optimis warga Jawa Barat akan mendukung Rieke dan Teten. Baik para sesepuh di Pasundan, para intelektual, generasi muda, khususnya teman-teman yang di partai dan semua masyarakat, kami yakin cukup optimis. Karena program yang ditawarkan oleh Rieke-Teten tidak muluk-muluk tapi punya komitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pembangunan yang ada di Jawa Barat ini," kata Tjahjo.

Seperti diberitakan, hari ini telah dilaksanakan kampanye akbar Rieke-Teten di Rancaekek Bandung dengan membawa Jokowi sebagai juru kampanye mereka. Rieke dan Teten meyakini kalau Jokowi dapat menjadi magnet bagi warga Jawa Barat.

Ternyata benar, kehadiran Jokowi menjadi daya tarik bagi warga Jawa Barat, yang notabene bukan warga yang dipimpin oleh Jokowi. Mulai dari Stasiun Bekasi, Stasiun Karawang, Stasiun Cikampek, Stasiun Purwakarta, dan di lokasi kampanye akbar, Jokowi selalu dipuja-puja dan dielu-elukan oleh warga setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com