Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6.000 Surat Suara Rusak Dikembalikan

Kompas.com - 16/02/2013, 15:15 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com- Hingga Sabtu (16/2/2013), lebih dari 6.000 lembar surat suara untuk Pilkada Jawa Barat dikembalikan oleh Komisi Pemilihan Umum tingkat kabupaten/kota karena cacat. Mereka mengharapkan surat suara pengganti diberikan secepatnya agar pengiriman ke TPS tidak terganggu.

Berdasarkan pantauan Kompas di Posko Logistik KPU Provinsi Jabar, 6.000 lembar itu diserahkan dua daerah yakni Kabupaten Sukabumi 178 lembar dan Kota Bogor 5.876 lembar. Dengan demikian, keseluruhan mencapai 6.054 lembar.

"Posko 24 jam dibuka hingga tanggal 18 Februari mendatang," kata Ana Siti Hosanah dari Posko Logistik.

Dua daerah itu pertama kali menyerahkan surat suara rusak kepada KPU Provinsi Jabar. Menurut prosedur, surat suara akan diminta kepada perusahaan pencetakan dan mereka mengirimkan gantinya.

Ada tiga perusahaan yang ditunjuk dalam pengadaan surat suara yakni PT Pura Barutama, PT Balai Pustaka, dan Induk Koperasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Inkoppol RI).

Secara keseluruhan, ada 33,3 juta lembar surat suara dicetak untuk kebutuhan Pilkada Jabar. Ada lima pasangan calon yang turut serta dalam Pilkada Jabar, yakni Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib, Irianto Mahfud Sidik Syafiuddin-Tatang Farhanul Hakim, Dede Yusuf Macan Effendi-Lex Laksamana Zainal Lan, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, dan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki.

Pemungutan suara dilakukan di 74.000 lebih TPS pada tanggal 24 Februari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com