Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati Pimpin Rapat Bahas Kisruh PDIP Jatim

Kompas.com - 15/02/2013, 15:22 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menggelar rapat antara DPP PDIP dengan Dewan Pimpinan Cabang dan Pengurus Anas Cabang PDIP se-Jawa Timur di Gedung Serba Guna Senayan, Jakarta, Jumat (15/2/2013) sore. Rapat itu membahas kisruh di jajaran PDIP Jatim.

Ikut hadir Sekretaris Jenderal DPP PDIP Tjahjo Kumolo, Wakil Sekjen Ahmad Basarah, Ketua DPP Puan Maharani, dan petinggi PDIP lainnya.

Sebelum Megawati dan rombongan tiba, belasan kader PDIP Jatim menggelar aksi demonstrasi teatrikal. Dalam aksinya, mereka menyebut ada penghianat di partai. Mereka mendesak agar Ketua DPD PDIP Jatim Simardji dan dua pengurus DPD lainnya, yakni Kusnadi dan Suhandoyo, dipecat dari partai.

Mereka menunggu fatwa Megawati untuk menyelesaikan masalah di Jatim. "Singkirkan tikus di lumbung kami," kata salah satu kader.

Basarah enggan berkomentar banyak mengenai kisruh di PDIP Jatim. Menurut dia, pertemuan kali ini hanya untuk persiapan berbagai pemilu kepala daerah di Jatim. "Konsolidasi saja," kata dia.

Seperti diberitakan, ratusan pendukung PDIP dari berbagai daerah di Jatim menggelar aksi di depan Kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari, Surabaya, Kamis (7/2/2013). Mereka mendesak Simardji mundur lantaran dinilai sewenang-wenang dalam memimpin partai.

Contohnya, Sirmadji disebut memberikan rekomendasi kepada calon kepala daerah untuk maju di Pilkada atas dasar kepentingan pribadi. Calon yang diusung juga berasal dari luar partai. Hasilnya, banyak kasus kekalahan PDIP di sejumlah daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com