Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis HIV/AIDS Bagi-bagi Selebaran di Hari Valentine

Kompas.com - 14/02/2013, 11:30 WIB
Siwi Yunita Cahyaningrum

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Para aktivis HIV/AIDS di Banyuwangi, Jawa Timur punya cara khusus untuk merayakan hari kasih sayang.

Mereka memilih menyebarkan buku saku dan selebaran tentang informasi penyakit AIDS kepada pengguna jalan di perempatan jalan utama Karangente Banyuwangi.

"Ada 2.000 selebaran dan buku saku yang kami bagikan. Tujuannya ya agar masyarakat tahu bahaya HIV dan AIDS dan bisa mencegah penularannya," kata Hairon koordinator Kelompok Kerja Bina Sehat.

Saat ini menurut Hairon, sudah ada 1.343 orang yang menderita HIV/AIDS di Banyuwangi. Dari angka itu 30 persen justru menimpa ibu rumah tangga. Jumlah ibu rumah tangga yang terinfeksi HIV/AIDS 10 kali lipat lebih banyak dibanding pekerja seks.

Karena itu, para aktivis kini gencar mengkampanyekan pencegahan penularan HIV.

Menurut Hairon, setia pada pasangan dan saling menjaga agar tak tertular HIV AIDS adalah bentuk kasih sayang yang lebih riil dibanding hanya memberi bunga atau coklat. Hal ini berlaku juga bagi para remaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com