Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pasangan Independen Pilkada Kota Bandung Serahkan Dukungan

Kompas.com - 13/02/2013, 21:36 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Hingga Rabu (13/2/2013), sudah ada tiga pasangan yang menyerahkan dukungan agar bisa mendaftar sebagai peserta Pilkada Kota Bandung dari jalur perseorangan. Kesempatan ini ditutup pada Kamis (14/2/2013) tengah malam besok.

Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung, Rabu ini ada dua pasangan yang menyerahkan berkas dukungan yakni Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim dan Wawan Dewanta-Muhamad Sayogo. Sehari sebelumnya, ada pasangan Wahyudin Karnadinata-Toni Aprilani.

Wawan-Sayogo menyerahkan berkas dukungan sebanyak 15 dus berisi 190 map, Bambang-Alex menyerahkan dukungan dalam 25 boks plastik berisi 266 bundel berikut 97 keping cakram.

"Kesempatan bagi pasangan jalur perseorangan dibuka hingga Kamis (14/2/2013) pukul 24.00," ujar Ketua KPU Kota Bandung, Apipudin, Rabu.

Dia sudah memperkirakan calon-calon lainnya bakal memanfaatkan hari terakhir untuk mendaftar. Terlebih lagi kesempatannya terbuka hingga tengah malam.

Untuk bisa lolos mendaftar, kata Apipudin, setiap pasangan harus membawa dukungan sebanyak 80.678 nama. Jumlah itu merupakan tiga persen dari penduduk Kota Bandung sebanyak 2.689.267. Bila lolos, mereka bisa mendaftar pada 11 Maret mendatang.

Untuk calon dari partai politik, kesempatan dibuka sejak tanggal 11-17 Februari dengan syarat membawa dukungan 15 persen dari perolehan Pemilu 2009.

Pemilihan Wali Kota Bandung dilakukan pada tanggal 23 Juni 2013 yang bertepatan dengan hari Minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com