Kompas.com - 13/02/2013, 18:28 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kalau maling punya banyak waktu untuk mencuri, niscaya pekerjaannya semakin kreatif. Maling di Pekanbaru telah membuktikan hal itu.

Bayangkan, karena leluasa seolah tidak ada penjagaan, sekawanan maling membobol tujuh brankas Kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Riau di Jalan Terubuk, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

Brankas yang ada di kantor itu ada delapan. Artinya, hanya satu yang tersisa, yang tidak dikerjai kawanan maling itu. Padahal, kantor itu dijaga oleh petugas keamanan sepanjang malam. Uang yang berhasil dikuras sejumlah Rp 251 juta lebih.

Pembobolan itu berlangsung Selasa (12/2/2013) malam dan baru diketahui pada Rabu pagi (13/2/2013) oleh petugas kebersihan kantor, Agus Priambodo.

"Priambodo masuk kerja sekitar pukul 06.30. Ketika masuk kantor, dia merasa curiga melihat pintu ruang bendahara dalam keadaan terbuka," ujar Humas BKKBN Riau, Ning Iriani.

Kejadian itu segera disampaikan Priambodo kepada petugas keamanan kantor. Petugas keamanan lalu melaporkan kejadian kepada Polsek Bukit Raya.

Menurut Ning, saat kejadian, petugas keamanan malam yang bertugas adalah Dharma. Polisi akhirnya meminta keterangan Dharma, sekaligus menguji kemungkinan keikutsertaannya dalam kejadian itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Brankas di kantor BKKBN memiliki kunci yang dipegang masing-masing bidang. Misalnya, brankas yang kuncinya dipegang oleh karyawan yang bernama Bakhtiar menyimpan uang paling besar, senilai Rp 140 juta.

Brankas Aisyah senilai Rp 86 juta, Elisia Rp 27 juta, Rosmita Naz senilai Rp 40 juta, Mayurni senilai Rp 300.000, brankas Ernis Rp17 juta dan brankas Sri Ningsih dalam kondisi tidak ada uang. "Total seluruhnya Rp 251 jutaan," ujar Ning.

Kepala Polresta Pekanbaru, Komisaris Besar Adang Ginanjar mengungkapkan, pihaknya masih menyelidiki kasus pembobolan tujuh brankas di Kantor BKKBN Riau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.