Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telur Penyu Terus Dijual Bebas Saat Masa Puncak

Kompas.com - 13/02/2013, 03:36 WIB

Padang, Kompas - Telur penyu masih dijual bebas di sejumlah kedai di Jalan Muara, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa (12/2). Sedikitnya tujuh kedai menjajakan telur penyu.

Para pembeli bisa meminta penjual untuk merebus telur itu di kedai yang terletak berdekatan dengan kawasan wisata Pantai Padang tersebut.

Padahal, Desember 2011, Menteri Dalam Negeri mengeluarkan surat edaran bagi gubernur di seluruh Indonesia. Surat edaran tersebut meminta para gubernur melakukan koordinasi terkait dengan pengawasan, pencegahan, penegakan hukum, dan penindakan pelaku eksploitasi penyu, telur penyu, serta beragam produk turunannya.

Koordinator Pusat Data dan Informasi Penyu Sumbar Universitas Bung Hatta, Padang, Harfiandri Damanhuri mengatakan, penjualan bebas telur penyu cenderung marak di masa puncak bertelurnya penyu. Ia menambahkan, masa puncak akan berlangsung hingga Maret mendatang.

Sepanjang tahun

Berdasarkan catatan Kompas, masa puncak bertelur penyu di kawasan Sumbar sudah berlangsung sejak akhir tahun lalu. ”Secara umum, di Sumbar penyu memang bertelur sepanjang tahun sehingga bisa kita saksikan perdagangan telur penyu terus terjadi,” kata Harfiandri.

Ia menambahkan, selain telur penyu sisik (Eretmochelys imbricata), sebagian penjual juga menjajakan telur penyu belimbing (Dermochelys coriacea) yang sangat langka. ”Pada Januari 2013 tercatat ada enam kantong telur penyu belimbing diperdagangkan dan sejak awal Februari sudah ada empat kantong telur penyu belimbing ditawarkan sebagian penjual,” kata Harfiandri.

Satu kantong berisi sekitar 50 butir telur penyu. Selama periode tersebut, kata Harfiandri, ada sekurangnya 17 kedai yang menawarkan sejumlah jenis telur penyu sekitar 86 kantong.

Menurut Harfiandri, telur-telur penyu tersebut sebagian diduga dipasok dari kawasan pantai di Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Sebagian di antaranya diduga berasal dari kawasan Pulau Penyu dan Pulau Belimbing di Kabupaten Pesisir Selatan.

Berbahaya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com