Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

86 Ribu Nama Ganda Ditemukan di Sumenep

Kompas.com - 11/02/2013, 21:04 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

SUMENEP, KOMPAS.com -- Perekaman data kependudukan melalui elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, berhasil membongkar 86 ribu nama ganda. Sebagian besar adalah milik warga di beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sumenep, Ahmad Zaini, data ganda penduduk itu 50 persen berasal dari penduduk kepulauan Kecamatan Kangean. Sisanya dari beberapa kepulauan kecil lainnya.

"Kebiasaan warga kepulauan, kalau mau jadi TKI di luar negeri membuat KTP berbeda, walaupun orangnya satu. Saat perekaman e-KTP, data itu kemudian bermunculan ganda," terangnya, Senin (11/02/2013).

Dari 86 ribu nama ganda, kata Zaini, sebanyak 42 ribu di antaranya sudah selesai dihapus. Penghapusan data tersebut cukup menghabiskan waktu yang relatif lama dan mengganggu proeses perekaman warga lainnya.

"Untuk menghapus data itu butuh operator khusus karena khawatir salah data," imbuhnya.

Sampai awal bulan ini, perekaman data terus dilaksanakan, dan sudah mencapai 80 persen lebih dari 860 wajib KTP, atau sekitar 662 ribu wajib KTP yang sudah masuk datanya ke pusat.

Sampai Oktober mendatang, perekaman dan pencetakan e-KTP sudah harus rampung. "Saat ini e-KTP yang sudah dikirim ke Kabupaten Sumenep sebanyak 220 ribu atau 35 persen. Sisanya masih terus diproses sampai tuntas. Warga bisa datang ke masing-masing kecamatan untuk mengambil KTP dengan tanpa dipungut biaya," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com