Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkulu Hampir Pasti Tuan Rumah HPN 2014

Kompas.com - 11/02/2013, 04:14 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Provinsi Bengkulu hampir pasti akan menjadi tuan rumah puncak peringatan Hari Pers Nasional tingkat Nasional 2014, setelah di Provinsi Sulawesi Utara pada 2013, dan di Provinsi Jambi pada 2012.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Bengkulu Sukatno di Manado, Sulawesi Utara, Minggu, mengatakan sebagian besar dari 33 pengurus PWI cabang mendukung Bengkuku menjadi tuan rumah HPN tahun depan.

"Saya tidak bisa menyebutkan daerah mana saja yang sudah menyatakan dukungannya, tetapi dapat dikatakan sebagian besar sudah mendukung," kata Sukatno, Minggu (10/2/2013).

Sukatno yang juga General Manajer Harian Bengkulu Ekspress itu mengatakan guna mempersiapkan Bengkulu menjadi tuan rumah HPN tahun 2014, provinsi setempat telah mengirimkan peserta dan peninjauanya cukup banyak, yaitu 20 orang pada peringatan HPN 2013 di Manado, Sulawesi Utara.

Ke-20 orang itu selain dari pengurus Cabang PWI setempat juga ada beberapa orang dari jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu yang hadir, guna menimba pengalaman untuk lebih mematangkan persiapan dan pelaksanaan ajang kegiatan tahunan pers secara nasional itu.

Sebelumnya, Sukatno sendiri telah menyapaikan permohonan dukungan dan restunya dari Pengurus PWI Pusat dan para pengurus PWI Cabang di Indonesia pada acara Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) III PWI yang berlangsung di Manado, Sulawesi Utara 7 Februari 2013 yang lalu, juga masih dalam rangkaian kegiatan HPN.

Sukatno mengatakan perlunya dukungan itu karena sampai sejauh ini segala sesuatu persiapannnya telah dilakukan dengan cukup baik, antara lain telah diujicoba dengan menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Kakernas) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI beberapa waktu yang bau lalu.

Dia mengakui ada beberapa daerah baik Pengurus PWI maupun pemerintah daerahnya yang juga berkeinginan dan siap menjadi tuan rumah peringatan HPN tahun 2014 itu, antara lain Provini Maluku, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, serta Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Khusus Kepri sudah berkeinginan, namun jika belum bisa menjadi tuan rumah tahun 2014 nanti, maka akan mendukung Bengkulu lebih dahulu, baru Kepri tuan rumah HPN di tahun 2015. Daerah tetangga yang telah menyatakan dukungannnya kepada Bengkulu menjadi tuan rumah HPN antara lain adalah Jambi, Lampung, dan lainnya.

Namun, pada Konkernas PWI 2013 disepakati keputusan daerah mana yang dipastikan menjadi tuan rumah HPN tahun 2014 nanti dibahas dalam rapat pleno pengurus pusat PWI, yang juga melibatkan pengurus PWI Cabang.

Pengurus PWI pusat maupun cabang sepakat agar daerah mana yang manjadi tuan rumah itu diatur secara bergantian, antara lain mengacu pada wilayah geografis, misalnya setelah dari daerah di wilayah Indonesia barat beganti ke timur, lalu ke utara, selatan, dan seterusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com