Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Burung Pipit Untung Saat Perayaan Imlek

Kompas.com - 10/02/2013, 20:58 WIB

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Sejumlah penjual burung pipit yang berdagang di beberapa wihara Kota Bandarlampung, mengaku untung pada perayaan tahun baru Imlek 2013. Menurut salah satu penjual burung pipit di Wihara Thai Hin Bo, Bandarlampung, Minggu, banyak pengunjung wihara membeli dagangannya.

"Harga burung pipit mencapai Rp2.000 per ekor. Hari ini saya membawa 100 ekor burung pipit untuk dijual di wihara," kata Pundi (42), salah satu pedagang musiman burung pipit, Minggu (10/2/2013).

Dia mengatakan, penjualan burung pipit dari pagi hingga siang hari ini laris, karena banyak pengunjung wihara yang membeli dagangannya untuk keperluan ibadah. Ia mengaku, setiap perayaan Imlek selalu berdagang di wihara untuk mendapatkan keuntungan.

Warga Tionghoa yang ingin memanjatkan doa di wihara sangat terbantu dengan adanya pedagang burung pipit itu. "Sangat terbantu dengan adanya pedagang burung pipit, yang sedianya dapat digunakan untuk menghapus dosa," kata Lia (24), salah satu pengunjung wihara.

Dia mengatakan, burung pipit digunakan untuk keperluan berdoa menghapus dosa. "Dengan menerbangkannya maka akan dihapus setiap kesalahan yang pernah dibuat selama ini. Untuk harga, cukup murah hanya Rp 2.000/ekor, itu sudah sangat terjangkau," katanya.

Hal senada pun diungkapkan pengunjung lainnya. Keberadaan penjual burung pipit mempermudah mereka dalam melaksanakan ibadah. "Dengan adanya penjual burung pipit itu mempermudah ibadah, karena hal tersebut bagian dari memanjatkan doa," kata Riki (32), salah satu pengunjung wihara.

Ia mengatakan, di tahun ular air ini diharapkan dapat lebih baik dari kemarin, dan dipermudah dalam segala hal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com