Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Temukan Arca yang Diduga Benda Purbakala

Kompas.com - 08/02/2013, 22:35 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Sebuah arca batu yang diduga peninggalan purbakala ditemukan di Dusun Kemuning, Desa Tiru Kidul, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Penemuan arca itu terjadi saat para pekerja menggali tanah di pekarangan milik Murjanah (41), warga setempat, Kamis (7/2/2013).

Para penggali tanah itu menemukan patung batu berbentuk manusia yang sedang duduk bersila. Selain itu juga ditemukan beberapa batu umpak di sekitar patung tersebut. Penemuan tersebut sempat luput dari penanganan petugas polisi karena tidak dilaporkan. Bahkan patung dengan kondisi kepala yang tidak utuh itu sebelumnya sempat raib diduga dibawa pulang oleh pekerja yang belum diketahui identitasnya.

Polisi yang mendapatkan laporan kemudian turun tangan dan melakukan penyelidikan. Penyelidikan difokuskan pada dua hal, yaitu mencari keberadaan patung, serta mengungkap benda-benda yang ditemukan disekitar patung tersebut termasuk peninggalan purbakala atau tidak.

Di saat polisi melakukan penyelidikan itu, patung didapati sudah kembali pada posisi seperti kali pertama ditemukan. Diduga dikembalikan oleh warga yang ketakukan dengan langkah kepolisian itu. Kini patung beserta umpak-nya telah diamankan di Mapolsek Gurah sementara polisi sudah mengantongi identitas warga yang sempat membawa patung tersebut.

"Penyelidikannya tetap dilakukan sembari menunggu tim dari Balai Arkelogi yang akan datang melakukan pemeriksaan," kata Ajun Komisaris Sudiono, Kapolsek Gurah, Jumat (8/2/2013).

AKP Sudiono menambahkan, penyelidikan tetap dilakukan menyusul kabar bahwa patung yang telah dikembalikan tersebut berbeda dengan patung yang ditemukan sebelumnya. "Informasi awalnya patungnya perempuan," kata Sudiono.

Penemuan arca di Kediri menjadi hal yang sering terjadi. Penemuan-penemuan sebelumnya juga telah ditindaklanjuti dengan penggalian oleh para arkeolog. Salah satu penggalian terbesar yang pernah dilakukan adalah pada situs Tondowongso dengan hasil yang menakjubkan, yaitu ditemukan hamparan bangunan peninggalan purbakala. Diduga penemuan arca di Tiru Kidul ini masih berhubungan dengan situs Tondowongso karena jarak lokasinya hanya terpaut 3 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com