Kompas.com - 07/02/2013, 22:41 WIB
|
EditorFarid Assifa

PAREPARE,KOMPAS.com -- Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, terbilang unik. Pasalnya, panita Muserenbang menyediakan doorprize atau hadiah. Hal ini dilakukan untuk merangsang partisipasi warga Labukkang menyalurkan aspirasi.

Musrenbang pun berlangsung meriah. Acara ini dihadiri sejumlah stakeholder baik dari instansi terkait dari beberapa satuan perangkat kerja daerah (SKPD), fasilitator kelurahan, ketua RW/RT di Labukkang serta anggota DPRD Parepare.

"Kecenderungan warga atau masyarakat untuk mengikuti acara Muserenbang dari tahun ke tahun menurun, sehingga kami mencoba merekayasa agar kegiatan Musrenbang ini tingkat partisipasi masyarakat lebih tinggi," kata Lurah Labukkang, AA Hamka S STP, Kamis (07/02/2013).

Anggota DPRD Parepare, Rahman Saleh dalam kesempatan tersebut mengakui partisipasi warga mengikuti Musrenbang menurun. "Terobosan yang dilakukan oleh Lurah Labukkang, sungguh sangat merangsang partisipasi masyarakat," ungkap Rahman.

Kata Rahman, walau hadiahnya tidak begitu besar, namun masyarakat semangat dalam melaksanakan Musrenbang. Hal ini juga patut dicontoh oleh kelurahan lain di Kota Parepare.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.