Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habel-Yop Unggul di Merauke

Kompas.com - 07/02/2013, 21:29 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com -- Pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur Papua Habel Melkias Suwae-Yop Kogoya mengungguli lima pasangan lain dalam Pilkada Papua di daerah pemilihan Kabupaten Merauke. Pasangan nomor urut 6 itu meraih suara sebanyak 38.284 (52,56 persen) dari jumlah total suara sah.

Komisi Pemilihan Umum Merauke menggelar rekapitulasi suara Pilkada Papua untuk Kabupaten Merauke, Kamis (7/2/2013). Rapat pleno rekapituasi yang berjalan lancar dan aman itu dihadiri Panwaslu Merauke, saksi-saksi dari keenam pasangan calon, dan 20 Panitia Pemilihan Distrik (PPD).

Hasil rekapitulasi KPU Merauke menunjukkan, pasangan Noakh Nawipa-Johanes Wob meraih suara 2.604 (3,57 persen), Menase Robert Kambu-Blasius Adolf Pakage 16.202 (22,24 persen), Lukas Enembe-Klemen Tinal 12.014 (16,49 persen), Wellington Wenda-Weynand Watory 1.517 (2,08 persen), pasangan Alex Hesegem-Marthen Kayoi 2.224 (3,05 persen).

Hasil rekapituasi juga menunjukan dari jumlah total pemilih sebanyak 129.650 orang, hanya 77.300 pemilih yang mencoblos atau tingkat partisipasi di Merauke sebesar 59,62 persen.

Ketua Panwaslu Merauke Tukidjo mengatakan, Panwaslu tidak menemukan pelanggaran dalam pemungutan suara di Merauke.

Ketua KPU Merauke Antonius Kaize mengatakan, hasil rekapitulasi itu akan diteruskan ke tingkat provinsi. Sesuai jadwal, rekapitulasi suara tingkat Provinsi Papua akan digelar pada 13 Februari. Menurut Antonius, tingkat partisipasi yang rendah itu dipengaruhi pilihan politik individu untuk memilih atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com