Kompas.com - 07/02/2013, 15:17 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com- Kepolisian Air Polda Lampung tengah menyempurnakan berkas perkara tabrakan kapal Bahuga Jaya dan Norgas Cathinka dengan tersangka Sahat Maruli, Nakhoda KM Bahuga Jaya.

Sebelumnya, bersama jaksa Kejati Lampung, Polair Polda Lampung selaku penyidik kasus kecelakaan kapal itu telah melimpahkan berkas perkara kasus itu atas nama dua tersangka lainnya ke Kejaksaan Negeri Kalianda, Lampung Selatan.

"Berkas itu (atas nama Sahat Maruli) tengah kami perbaiki untuk dilimpahkan segera ke kejaksaan," ujar Direktur Polair Polda Lampung Komisaris Besar (Pol) Edion, Kamis (7/2/2013).

Kejati Lampung sebelumnya mengembalikan berkas perkara Sahat Maruli ke Polda Lampung untuk disempurnakan. Namun, dua berkas lainnya atas nama Su Ji Bing (Mualim I Norgas Cathinka) dan Lat Ernesto Jr (Nakhoda Norgas Cathinka) dinyatakan telah lengkap.

Edion mengatakan, kecelakaan kapal yang mengakibatkan tujuh orang tewas dan belasan lain hilang itu diakibatkan kelalaian juru mudi kedua kapal. Hal ini berbeda dengan putusan Mahkamah Pelayaran pada Desember lalu yang memutuskan hanya Mualim I Norgas Cathinka yang bersalah.

"Putusan Mahkamah Pelayaran itu kan hanya menyangkut perkara administrasinya. Sementara, kami yang menangani soal pidananya. Kedua pihak tidak mengindahkan aturan pencegahan kecelakaan laut sehingga mengakibatkan tabrakan itu," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.