Kompas.com - 05/02/2013, 22:10 WIB
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Perayaan Tahun Baru Imlek akan jatuh pada 10 Februari mendatang. Bagi warga Tionghoa, Imlek adalah hari raya besar yang dirayakan bersama keluarga. Akankah Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menggelar open house bagi masyarakat yang ingin mengucapkan selamat tahun baru?

"Enak aja open house. Ha-ha-ha, enggak ada, masak open house melulu," kata pria yang akrab disapa Ahok itu seraya tertawa, di Balaikota Jakarta, Selasa (5/2/2013) malam.

Basuki mengaku, kesibukannya sebagai orang nomor dua di Ibu Kota membuatnya tak memiliki waktu untuk mempersiapkan perayaan Imlek. Ia juga mengaku tidak memiliki kenangan khusus saat merayakan Imlek bersama keluarga besarnya. "Waduh, enggak ada tradisi. Aku enggak pernah ada persiapan Imlek dari dulu," kata Basuki.

Ia menuturkan, saat Imlek ia biasanya hanya mengajak anak-anaknya mengunjungi sanak keluarga yang lebih tua. Saat pulang dari rumah keluarga, anak-anak Basuki mendapatkan salam tempel atau angpau dari keluarga yang lebih tua. "Ngerayainnya bagaimana ya? Ya ke rumah yang tua-tua, yang kenal saja, bawa anak-anak dapat angpau, lumayanlah, he-he-he," ujarnya.

Pada perayaan Imlek kali ini, Basuki mengatakan, ia tidak akan pulang kampung ke Belitung Timur. Ia akan merayakannya di Jakarta. Tidak ada persiapan khusus. "Oh, enggak ada, siapin makanan saja. Bareng sama keluarga, ya begitu sajalah," ujar Basuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.