Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Siapkan Harina Rute Bandung-Surabaya

Kompas.com - 05/02/2013, 18:46 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia tengah mempersiapkan untuk meningkatkan cakupan layanan KA Harina yang semula melayani Rute Bandung-Semarang untuk terus dilanjutkan hingga Stasiun Pasarturi, Surabaya. Dengan demikian, penumpang memiliki pilihan untuk mencapai ibukota Jawa Timur melalui jalur utara.

Sebelumnya, penumpang yang hendak bepergian ke Surabaya tiba di Semarang pada pukul 5.30. Mereka harus menunggu 8.30 sebelum KA Rajawali beroperasi melayani rute Semarang-Surabaya. Kereta yang dipergunakan sebetulnya sama tapi hanya berganti nama saja.

Manajer Humas Daerah Operasional 2 PT KAI, Bambang S Prayitno, mengatakan, penyatuan rute perjalanan itu berarti penumpang tidak lagi harus menunggu setiba di Semarang.

Rencana tersebut bakal diberlakukan pada tanggal 1 Maret 2013, masyarakat yang naik KA Harina akan melalui jalur Bandung-Cirebon-Tegal-Pekalongan-Semarang-Ngrombo-Randublatung-Cepu-Bojonegoro-Surabaya.

"Penumpang dari Bandung yang ingin menuju Purwodadi, Cepu, atau Bojonegoro, kini bisa menggunakan KA Harina," ujar Bambang, Selasa (5/2/2013).

Keputusan ini sesuai dengan surat keputusan direksi tertanggal 29 Januari 2013. Tarifnya masih dibicarakan meski tetap diupayakan agar terjangkau masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Bambang mengungkapkan rencana untuk memasang pendingin udara ke seluruh seluruh kelas, baik bisnis dan ekonomi.

Dengan demikian, kereta komuter Bandung Raya Padalarang-Cicalengka, Cibatu-Purwakarta, KA Ekonomi Plus Malabar bakal berpendingin udara. Itu juga termasuk kereta kelas bisnis seperti seperti KA Argo Parahyangan, Lodaya Pagi/Malam, dan KA Harina.

"Bulan Maret, seluruhnya bakal berpendingin udara," ujar Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com