Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Optimistis 'Rebut' Jawa Barat dengan Satu Putaran

Kompas.com - 04/02/2013, 18:36 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) optimistis pasangan Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki yang mereka usung akan menang satu putaran di Pilkada Jawa Barat. Survei internal menjadi rujukan.

"Hasil survei yang riil itu berkisar 20-63 persen menang, yang kalau kami kalkulasi hari ini sekitar 44,5 persen. Jadi, insya Allah (bisa) satu putaran," kata Ketua DPD PDI-P Jawa Barat Tb Hasanuddin, Senin (4/2/2013). Keyakinan ini merupakan hasil analisis dan evaluasi rinci yang melibatkan seluruh tim sukses Rieke-Teten di Jawa Barat.

Hasanuddin mengatakan, semula partainya memperkirakan kemenangan Rieke-Teten akan diraih dalam dua putaran. Pada awalnya, target perolehan suara di putaran pertama adalah di kisaran 30-35 persen. Pilkada Jawa Barat dijadwalkan berlangsung pada 24 Februari 2013.

Ketua DPP Bidang Kehormatan PDI-P Sidarto Danusubroto mengatakan, pemenangan pasangan calon nomor urut kelima pada Pilkada Jawa Barat ini melibatkan seluruh kader partai. "Kami semua turun ke wilayah, urunan, benar-benar kerja bersama. Secara struktural, semua turun ke bawah, kami berjuang untuk 'rebut' Jawa Barat," kata dia.

Pilkada Jawa Barat diikuti lima pasangan calon. Sesuai nomor urut pasangan calon, mereka adalah Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib, Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul, Dede Yusuf-Lex Laksamana, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, dan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com