Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dede Yusuf Akui Saksikan Wanita Melahirkan di Toilet

Kompas.com - 04/02/2013, 16:11 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Diberitakan sebelumnya, calon gubernur Jawa Barat yang diusung Partai Demokrat Yusuf Macan Efendi dikabarkan menyaksikan langsung wanita bernama Nia (25) melahirkan anak laki-lakinya di toilet SPBU Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis, akhir bulan Januari lalu.

Bahkan, Dede Yusuf --demikian ia biasa disapa, terlibat sebagai penolong. Dede sempat mondar-mandir memberitahukan kepada orang sekitar serta menghubungi petugas kesehatan di Tasikmalaya, agar wanita dan bayinya dapat diselamatkan. Kabar tersebut diperoleh Kompas.com dari saksi mata di lokasi kejadian, Nana Karyana (36) dan pamannya Jaka (63) warga Cipari, Kota Tasikmalaya, Jumat, awal bulan ini.

Terkait kabar ini, dikonfirmasi di Bandung. Dede menjelaskan, ketika itu ia sedang beristirahat di SPBU Gentong saat menempuh perjalanan dari Bandung menuju Kabupaten Ciamis. Dede Yusuf pun mengakui menyaksikan jelas ketika wanita yang bernama Nia itu mengeluarkan banyak darah saat melahirkan.

Dede menceritakan, ketika memasuki toilet, tiba-tiba dengan kagetnya melihat seorang wanita sedang berusaha melahirkan bayinya. Lantai toilet pun dibanjiri darah, beberapa saat kemudian bayi mungil itu dilahirkan di toilet tersebut. "Iya betul, wanita itu melahirkan di toilet. Ya, saya menyaksikan dengan jelas. Saya langsung keluar meminta pertolongan kepada orang-orang di sekitar, agar wanita dan bayinya dapat diselamatkan," ungkap calon gubernur yang didampingi Lex Laksamana pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2013, Senin (4/2/2013).

Dede melanjutkan, setelah ibu dan bayinya itu mendapat pertolongan dari orang-orang di sekitar, Dede langsung menghubungi Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tasikmalaya agar ibu dan bayi mendapat penanganan kesehatan yang lebih layak.

Tak lama kemudian, beberapa dari perwakilan Dinkes dan DPRD datang menjemput disertai ambulans. "Bayinya laki - laki. Kita hanya membantu saja, setelah mendapatkan penanganan, saya lakukan konsolidasi dengan Dinkes dan DPRD Tasik. Alhamdulillah ibu dan bayinya selamat, keduanya dapat ditangani dengan baik," kata Dede.

Setelah insiden itu tuntas, Dede langsung melanjutkan perjalanan ke Ciamis. Namun, Dede tidak menyebutkan apakah itu perjalanan dinas, sosialisasi sebagai calon gubernur atau pun urusan pribadi. Diketahui, Dede Yusuf mempunyai tanah yang digunakan sebagai tempat peternakan berbagai macam hewan di Ciamis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com