Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunma Safari Park Reboisasi di TN Way Kambas

Kompas.com - 03/02/2013, 20:25 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com -- Gunma Safari Park, Jepang, dan Taman Safari Indonesia (TSI) melakukan reboisasi di Taman Nasional (TN) Way Kambas, Lampung Timur, Minggu (3/2/2013). Kebun Binatang Gunma Jepang juga memberi donasi untuk pelestarian gajah di Way Kambas.

Kegiatan reboisasi dan penyerahan donasi itu dihadiri Direktur Taman Safari Indonesia Frans Manansang, Kepala Balai TN Way Kambas, dan perwakilan dari Gunma Safari Park.

Acara penanaman pohon itu dilaksanakan di Resort Margahayu Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Kuala Penet, Way Kambas. Dalam kegiatan yang juga didukung Tomioka-Kabura Rotary Club dan Staf KBRI Jepang itu ditanam sejumlah bibit pohon, antara lain jenis puspa (Schima wallichi), jambon (Eugenia sp), gaharu (Aquaria malaccensis), dan salam (Eugenia polyanta).

Menurut Sukatmoko, dari Humas TN Way Kambas, kegiatan tersebut diprakarsai Duta Besar RI di Tokyo Sumadi Brotodiningrat melalui kegiatan Festival Indonesia. Duta Besar Indonesia meminta TSI untuk menyelenggarakan kegiatan Festival Indonesian di Gunma Safari Park Jepang yang bertemakan "Indonesia Aman".

Kegiatan itu untukmemperkenalkan budaya dan keanekaragaman hayati Indonesia kepada masyarakat Jepang. Dalam kegiatan ini diperkenalkan satwa hasil penangkaran TSI kepada masyarakat Jepang secara umum.

Penyelenggaraan Festival Indonesia itu mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Jepang, sehingga  menjadi agenda tahunan di Gunma Safari Park. Dalam setiap event, pihak Gunma Safari Park mengadakan charity box (kotak amal) sebagai bentuk kepedulian masyarakat Jepang terhadap lingkungan, keanekaragaman hayati Indonesia beserta ekosistemnya dengan memberi kontribusi dalam bentuk dana yang dimanfaatkan untuk program konservasi di Indonesia.

Dari charity box itu masyarakat Jepang melalui Gunma Safari bertekad mengadakan penanaman pohon di beberapa taman nasional di Indonesia sebagai wujud kepedulian mereka terhadap upaya konservasi di Indonesia.

Tahun ini, dana sumbangan yang terkumpul mencapai 1,46 juta yen. Dari jumlah itu, sebanyak 1,060 juta yen sumbangan yang dikumpulkan dari pengunjung Gunma Safari Park itu dialokasikan untuk kegiatan penyelamatan gajah dan penanaman pohon di TN Way Kambas.

Sementara itu, sumbangan masing-masing sebanyak 200 yen dialokasikan untuk rehabilitasi habitat owa jawa di TN Gede Pangrango dan kegiatan konservasi di Taman Buru Masigit Kareumbi (TMBK).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com