Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2013, 13:44 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Para bakal calon gubernur NTT harus menjaga kerukunan antara umat beragama selama proses pemilihan gubernur. Masyarakat NTT juga jangan terprovokasi dengan isu-isu dan kampanye gelap yang dilakukan para calon.

"Lima pasang calon gubernur itu sama saudara kita dengan kekurangan dan kelebihan masing masing. Mari kita dukung mereka semua dan turut berpartisipasi dalam pemilihan 18 Maret nanti," kata pastor Arnold Bria Pr ketika memimpin misa minggu di Gereja Paroki St Yoseph Pekerja Penfui Kupang, Minggu (3/2/2013).

Ia mengatakan, kampanye "hitam" tidak bisa dihindarkan dalam sebuah demokrasi, apalagi pemilihan kepala daerah. Tetapi sebagai umat beriman, hendaknya kampanye model itu jangan menyulut emosi dan kemarahan lawan politik. Kota Kupang merupakan Indonesia mini. Semua suku bangsa dan agama hidup dan berkembang di kota itu.

Kerukunan perlu dijaga bersama sebagai sesama umat beragama. Lima pasang calon gubernur NTT itu adalah Esthon Foenay-Paul Talo, Ibrahim Medah-Melkiades Lakalena, Christianus Rotok-Paul Liyanto, Frans Lebu Raya-Beni Litelnoni, Beny Kabur Harman-Wilem Nope. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com