Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Melonjak, Rupiah Melemah

Kompas.com - 03/02/2013, 11:02 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lonjakan inflasi sepanjang Januari 2013 menyebabkan nilai tukar rupiah semakin tertekan. Inflasi melonjak sebesar 1,03 persen, berada di atas prediksi analis yang hanya tembus 0,85-0,93 persen. Secara tahunan, inflasi juga melonjak tipis dari 4,3 persen di Desember, tetapi mencapai 4,57 persen di Januari 2013 .

"Pergerakan nilai tukar rupiah melemah tipis setelah inflasi bulanan di atas estimasi analis," kata analis Trust Securities Reza Priyambada di Jakarta, Minggu (3/2/2013).

Menurut Reza, kenaikan inflasi yang sudah berada di level tersebut diyakini masih akan sesuai dengan target pemerintah, yaitu pada kisaran 4 persen dengan plus minus 1 persen. "Ini tidak akan menjadi ancaman bagi suku bunga acuan (BI Rate)," ujarnya.

Reza memprediksi bahwa para pelaku pasar menilai Bank Indonesia (BI) tidak akan dinaikkan dalam waktu dekat. Ia menilai pelemahan rupiah kemarin disebabkan kekhawatiran terhadap ekonomi lokal dan ekonomi internasional. Untunglah pelemahan rupiah itu tidak berlangsung sama. Hal ini dipengaruhi data dari HSBC yang telah mendapat sentimen positif dari rilis data manufaktur dari China.

Sekadar informasi, pada Jumat (1/2/2013), rupiah diperdagangkan anjlok ke level Rp 9.700 per dollar AS. Di hari sebelumnya, rupiah hanya turun tipis dari semula Rp 9.698 per dollar AS. Dalam sepekan, nilai tukar rupiah merosot 3,1 persen, yaitu dari Rp 9.670 menjadi Rp 9.700 per dollar AS. Dengan kondisi tersebut, maka stok pangan harus disediakan secara matang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com