Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Rumah di Kediri Tertimbun Longsor

Kompas.com - 01/02/2013, 16:25 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Tebing setinggi 20 meter di Desa Belimbing, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, longsor dan menimpa sebuah rumah yang ada di bawahnya, Kamis (31/1/2013) kemarin. Mekipun demikian, tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Tebing tersebut merupakan bagian dari lereng Gunung Wilis dan diduga longsor karena kontur tanah yang labil akibat hujan yang terjadi di daerah itu sejak beberapa hari ini.

Longsoran material yang terdiri dari tanah dan bebatuan itu menerjang bagian belakang rumah milik Sukamto (47), sehingga menyebabkan rusak berat. "Awalnya sudah terlihat tanda mau longsor, jadi saya mengajak keluarga saya mengungsi," kata Sukamto, Jum'at (1/2/2013).

Kepala Kecamatan Mojo, Bambang Sukarji mengatakan, selain menimpa rumah, longsoran seluas sekitar 50 meter tersebut juga menutup akses jalan sehingga membuat desa setempat terisolasi. Akibatnya, perekonomian warga cukup terganggu.

"Warga saat ini tidak bisa membawa hasil kebun keluar desa karena jalannya tertutup," kata Bambang Sukarji.

Kini, warga desa dan dibantu aparat TNI serta Polri bersama-sama melakukan evakuasi rumah serta membuka akses jalan yang baru saja dilakukan pengaspalan empat hari lalu itu secara manual maupun menggunakan alat berat. Sedangkan kerugian materiil akibat kejadian itu diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com