Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandala Siap Tampung Penumpang Batavia

Kompas.com - 31/01/2013, 11:14 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Mandala Airlines siap menampung penumpang maskapai Batavia Air yang kini sudah dipailitkan. Mandala akan menyiapkan mekanisme akuisisi penumpang tersebut.

Direktur Komersial Mandala Airlines Brata Raffly menjelaskan saat ini pihaknya sedang melakukan pembicaraan dengan Batavia Air terkait hal ini.

"Kita memang mau mencoba membantu Batavia untuk menampung sebagian penumpang mereka, sesuai kapasitas dan rute," kata Brata kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (31/1/2013).

Menurut Brata, kabar akuisisi penumpang ini memang masih baru bagi Mandala Air. Sehingga pihaknya belum tahu secara jelas berapa penumpang termasuk rute mana saja yang bisa diambil alih. "Kita sedang dalam tahap persiapan untuk bisa set up sistem untuk bisa membantu pelanggannya," katanya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti, memang telah meminta kepada pihak Mandala untuk mengisi beberapa rute yang ditinggal Batavia Air. Dengan demikian, penumpang yang sudah memiliki tiket Batavia bisa menumpang Mandala.

Selain itu, Kemhub juga meminta bantuan maskapai lain untuk menerbangkan penumpang Batavia dengan harga paling minimum. Sikap pemerintah itu demi keselamatan dan pelayanan penumpang Batavia.

Apalagi, pihak pemilik pesawat (lessor) telah menarik pesawat Batavia,  sehingga dari 14 pesawat, Batavia hanya mengoperasikan tujuh pesawat.

Baca juga:
Efek Domino Kebangkrutan Batavia Air
Empat Kurator Bantu Proses Pailit Batavia Air

Batavia Tidak Terbang Lagi
Pengadilan Niaga Pailitkan Batavia Air

Ikuti Perkembangannya di Topik Maskapai Batavia Air Dipailitkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com