Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pilgub Jateng, Gambar Bibit Bertebaran di Pohon

Kompas.com - 28/01/2013, 17:16 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com -- Pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah masih 4 bulan lagi tepatnya 26 Mei 2013 mendatang. KPU juga belum menetapkan para calon termasuk masa kampanye belum dimulai.

Namun demikian di beberapa sudut kota, poster para kandidat mulai bermunculan. Alih-alih memperindah kota, poster-poster tersebut justru merusak pemandangan, bahkan malah merusak lingkungan.

Di Kabupaten Semarang, puluhan poster Bibit Waluyo, Gubernur Jateng aktif yang akan maju lagi pada pilgub mendatang terpasang di pohon-pohon sepanjang turus jalan Jenderal Sudirman Bergas dan Jalan Soekarno Hatta Bawen, Kabupaten Semarang.

Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Panwaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto mengatakan, pemasangan poster Bibit di pohon-pohon, belum bisa dikategorikan sebagai pelanggaran karena belum ada penetapan calon. Namun demikian, dari segi estetika, hal itu patut disayangkan.

"Kalau sudah ada penetapan calon, maka hal itu bisa dijerat dengan Peraturan Bupati Semarang Nomor 29 tentang Tata Tertib Pemasangan Alat Peraga Kampanye dan peraturan KPU No 1 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye dimana di dalamnya terdapat larangan pemasangan alat peraga kampanye di sepanjang jalan protokol," ungkap Agus, Senin (28/1/2013) siang.

Sebelum adanya penetapan calon, lanjut Agus, pemasangan peraga kampanye yang melanggar akan ditertibkan. Sebab kemungkinan melanggar Perda atau tidak membayar pajak.

"Jika sudah ada penetapan calon, maka mekanisme yang ditempuh panwas terhadap pelanggaran itu yang pertama adalah melapor ke KPU. Dari KPU inilah keluar perintah bagi parpol atau tim calon untuk memindahkan poster," kata Agus.

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, poster Bibit Waluyo itu dipasang oleh Relawan Masyarakat Jawa Tengah Bersatu dengan mengusung tagline lama "Lanjutkan, bali ndeso mbangun ndeso" dan background aktivitas para petani.

Yang menarik dari Pilgub Jateng adalah para calonnya banyak berasal dari pejabat teras. Selain Bibit yang masih aktif sebagai gubernur, juga ada Rustriningsih (wakil gubernur) dan Hadi prabowo (Sekda Pemprov Jateng).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com