Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KEN: Hapus Subsidi BBM untuk Mobil Pribadi

Kompas.com - 28/01/2013, 14:44 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung tetap mengusulkan kepada pemerintah agar menghapus subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk mobil pribadi. Ini akan menghemat duit pemerintah triliunan rupiah.

"Kami tetap merekomendasikan untuk menghapuskan konsumsi BBM mobil pribadi," kata Chairul saat ditemui di Rapat Kerja Pemerintah 2013 di Jakarta Convention Center, Senin (28/1/2013).

Menurut Chairul, anggaran subsidi, baik BBM maupun listrik harus benar-benar diberikan kepada pihak yang membutuhkan. Hal itu disebabkan anggaran subsidi saat ini hanya dinikmati oleh kendaraan mewah. Saat ini, sekitar 70 persen subsidi BBM dinikmati oleh orang kaya, sisanya baru kelas menengah ke bawah.

"Jadi akan lebih hemat dibanding menaikkan harga BBM yang cuma naik Rp 1.500-Rp 2.000 per liter. Mending dihapus saja subsidi BBM untuk mobil pribadi. Tapi yang sepeda motor tetap boleh," katanya.

Sekadar catatan, subsidi pada APBN 2013 sebesar Rp 317,2 triliun, naik 29,4 persen dari Rp 245,1 triliun di APBNP 2012. Subsidi energi mencapai Rp 274,7 triliun yang merupakan komponen subsidi.

Dari jumlah tersebut, subsidi BBM mencapai Rp 193,8 triliun, naik 41,1 persen dari tahun sebelumnya. Sementara itu, subsidi listrik mencapai Rp 80,9 triliun, naik 24,6 persen dibanding tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com