Kompas.com - 28/01/2013, 08:48 WIB
EditorI Made Asdhiana

TERNATE, KOMPAS.com - Obyek wisata di Kota Ternate, Maluku Utara terus dibenahi untuk dikembangkan menjadi salah satu simbol kota sejarah di Indonesia, karena memiliki keindahan alam yang indah dengan sejarah masa lampaunya.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman di Ternate, Minggu (27/1/2013), mengatakan Kota Ternate memiliki obyek wisata yang begitu lengkap, karena ada obyek wisata sejarah dan pengelolaan strategi penguatan kelembagaan lokal sebagai kebangkitan pariwisata di daerah ini.

"Kami memiliki obyek wisata budaya, kita juga memiliki obyek wisata pertanian yang ratusan tahun telah terkenal yaitu cengkeh tertua di dunia adalah cengkeh Afo dan obyek wisata dasar laut yang begitu indah, yang hanya dimiliki Kota Ternate yaitu terumbu karang," katanya.

Menurut Burhan, berbagai masukan sejumlah pemerhati pariwisata sejarah sangat dibutuhkan dalam rangka pengembangan pariwisata yang ada di Kota Ternate.

Untuk menjadikan Ternate sebagai kota pariwisata dan sejarah, tentunya berbagai sektor salah satunya pengembangan berbagai peninggalan sejarah dan berbagai budaya akan tetap dikembangkan. Selain itu, Ternate memiliki berbagai kekayaan peninggalan sejarah masa lampau.

Untuk itu, Pemkot Ternate berupaya membangun berbagai sarana infrastruktur dan mensosialisasikan berbagai kebudayaan yang dimiliki dalam rangka menjadikan Ternate sebagai kota pariwisata.

Burhan mengatakan ada peninggalan seperti enam benteng di Ternate merupakan salah satu aset daerah untuk menarik minat wisatawan. Oleh karena itu, Pemkot Ternate akan berupaya menjaga kelestarian benteng tersebut.

Biaya pemeliharaan dan revitalisasi benteng di Ternate, selama ini ditanggung oleh pemerintah pusat, karena kewenangan benteng itu berada di pemerintah pusat. Namun, Pemkot Ternate akan mengupayakan pula dana melalui APBD untuk kepentingan pemeliharaan dan revitalisasi benteng yang ada di Kota Ternate.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.