Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rieke Luncurkan Gerobak Pintar

Kompas.com - 27/01/2013, 15:59 WIB
Sutta Dharmasaputra

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Sudah lebih dari setengah abad, tepatnya 67 tahun, Indonesia telah meraih kemerdekaan. Namun, hingga saat ini masih ada sekitar 1 juta warga Jawa Barat yang buta huruf.

Kegelisahan itu yang mendorong calon gubernur Jawa Barat, Rieke Diah Pitaloka, Minggu (27/1/2013), meluncurkan program Gerobak Pintar.

Gerobak yang di dalamnya berisi buku-buku itu diharapkan bisa jadi perpustakaan keliling yang bisa masuk ke gang-gang di kampung-kampung padat penduduk sehingga bisa menumbuhkan minat baca dan semakin mencerdaskan warga Jawa Barat.

"Ini seperti gerobak, tapi isinya buku. Nanti bisa masuk dan keliling ke gang-gang," ujar Rieke saat meluncurkan program itu di Jalan Masjid Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu.

Warga setempat menyambut gembira program ini. Bapak-bapak, ibu-ibu, sampai anak-anak ramai berdatangan. Ada yang langsung memeluk, mengajak bersalaman, dan juga meminta foto bersama dengannya.

Rieke menegaskan, dana untuk pendidikan yang tersedia di Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) ataupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sesungguhnya sudah sangat besar.

Karena itu, dia bertekad kalau mendapat amanah memimpin Jawa Barat bersama Teten Masduki (pejuang antikorupsi), dia akan memastikan uang rakyat dalam APBN ataupun APBD itu kembali lagi ke rakyat sampai ke kampung-kampung dan gang-gang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com