Kompas.com - 27/01/2013, 15:59 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

DEPOK, KOMPAS.com — Sudah lebih dari setengah abad, tepatnya 67 tahun, Indonesia telah meraih kemerdekaan. Namun, hingga saat ini masih ada sekitar 1 juta warga Jawa Barat yang buta huruf.

Kegelisahan itu yang mendorong calon gubernur Jawa Barat, Rieke Diah Pitaloka, Minggu (27/1/2013), meluncurkan program Gerobak Pintar.

Gerobak yang di dalamnya berisi buku-buku itu diharapkan bisa jadi perpustakaan keliling yang bisa masuk ke gang-gang di kampung-kampung padat penduduk sehingga bisa menumbuhkan minat baca dan semakin mencerdaskan warga Jawa Barat.

"Ini seperti gerobak, tapi isinya buku. Nanti bisa masuk dan keliling ke gang-gang," ujar Rieke saat meluncurkan program itu di Jalan Masjid Lio, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu.

Warga setempat menyambut gembira program ini. Bapak-bapak, ibu-ibu, sampai anak-anak ramai berdatangan. Ada yang langsung memeluk, mengajak bersalaman, dan juga meminta foto bersama dengannya.

Rieke menegaskan, dana untuk pendidikan yang tersedia di Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) ataupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sesungguhnya sudah sangat besar.

Karena itu, dia bertekad kalau mendapat amanah memimpin Jawa Barat bersama Teten Masduki (pejuang antikorupsi), dia akan memastikan uang rakyat dalam APBN ataupun APBD itu kembali lagi ke rakyat sampai ke kampung-kampung dan gang-gang. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X