Kompas.com - 26/01/2013, 17:12 WIB
EditorI Made Asdhiana

BADUNG, KOMPAS - Manajemen PT Angkasa Pura I memastikan proyek pengembangan Bandar Udara Internasional Ngurah Rai di Badung, Bali, akan tepat waktu pada Juni tahun ini. Selain siap saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik pada Oktober 2013, bandara itu mengantisipasi wisatawan hingga 25 juta orang pada 2025.

”Proyek fisik sudah sekitar 60 persen. Musim hujan diharapkan tidak terlalu mengganggu jalannya proyek. Tidak ada perubahan jadwal, ditargetkan tuntas Juni tahun ini,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Tommy Soetomo.

Tommy ditemui seusai meresmikan tiga sekolah—TK Wipara, SDN 4 Tuban, dan SMP Angkasa—di Badung. Biaya pembangunan tiga sekolah yang harus direlokasi karena terdampak pengembangan Bandara Ngurah Rai itu mencapai Rp 19,6 miliar.

Hadir dalam kesempatan itu, Direktur Institutional Banking Bank Mandiri Abdul Rachman dan Bupati Badung AA Gde Agung. Bank Mandiri melalui program Bina Lingkungan memberikan bantuan mebeler berupa bangku sekolah, meja belajar, dan papan tulis senilai Rp 1,3 miliar.

Pengembangan Bandara Internasional Ngurah Rai menelan dana Rp 2,8 triliun. Terminal internasional baru dibangun seluas 130.000 meter persegi. Terminal internasional sebelumnya seluas 65.800 meter persegi akan digunakan sebagai terminal domestik. Sementara terminal domestik seluas 13.000 meter persegi menjadi apron bandara.

”Dengan demikian, Bandara Ngurah Rai akan mampu menampung 18 juta penumpang setelah proyek perluasan ini rampung. Tahun 2025, bandara ini diharapkan mampu menampung 25 juta penumpang,” kata Tommy. Saat ini Ngurah Rai melayani sekitar 13 juta penumpang per tahun dari kapasitasnya untuk 11 juta penumpang.

General Manajer Bandara Internasional Ngurah Rai Purwanto mengakui, musim hujan kali ini memengaruhi proses pengelasan di Ngurah Rai. Rangka terminal internasional yang baru mayoritas menggunakan bahan metal. Ia menyebutkan, pengelasan dilakukan pada ribuan titik. Pengerjaan proyek itu pun kemudian dilakukan sepanjang 24 jam nonstop setiap hari untuk mengurangi kekhawatiran molornya waktu pengerjaan dari jadwal yang ditentukan. (BEN)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ikuti Twitter Kompas Travel di @KompasTravel



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.