Kompas.com - 25/01/2013, 16:02 WIB
EditorI Made Asdhiana

TANJUNG REDEB, KOMPAS.com - Asosiasi Biro Perjalanan Indonesia (Asita) Kabupaten Berau, Kalimantan Timur mendukung rencana perhelatan akbar Festival Derawan 2013 dengan meluncurkan  "travelling card" ke Pulau Derawan.

Ketua Asita Berau, Hamid, di Tanjung Redeb, Jumat (25/1/2013), mengatakan, wisatawan banyak berkunjung ke Berau namun tidak semua membawa uang tunai. "Maka Asita menggandeng salah satu bank dan maskapai penerbangan untuk memudahkan pelayanan wisatawan tersebut," kata Hamid.

Dukungan itu ditandai dengan peluncuran travelling card atau kartu perjalanan wisata oleh Asita bekerja sama dengan Bank BNI dan maskapai penerbangan Sriwijaya Air yang dilaksanakan di Hotel Derawan, Rabu (23/1/2013).

Menurut Hamid, kerja sama itu merupakan bagian dari dukungan Asita kepada Pemkab Berau dalam rangka melaksanakan Festival Derawan 2013.

Kartu perjalanan wisata itu tidak hanya menguntungkan pihak Asita, Bank BNI dan pihak Sriwijaya saja, tetapi lebih mengutamakan peningkatan dan kemudahan pelayanan kepada wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Derawan atau ke pulau wisata lainnya.

"Inilah di antaranya bentuk dukungan kami terhadap Bupati Berau sebagai tuan rumah Festival Derawan 2013," katanya.

Hamid menjelaskan, industri pariwisata di Berau sangat menjanjikan, tinggal pengelolaannya harus lebih baik. Dalam hal ini Asita yang beranggotakan 50 agen, juga ambil bagian dalam melakukan promosi kepada setiap wisatawan yang berkunjung di Berau.

"Karena itu kami juga bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau mengupayakan agar daerah wisata yang dimiliki Berau ini makin dikenal oleh wisawan domestik, maupun wisatawan mancanegara," ujarnya.

Dia mengharapkan Pemkab Berau menyediakan transportasi yang bersubsidi, karena sejauh ini warga Berau sendiri merasa tarif transportasi tergolong mahal ketika hendak ke Derawan.

"Yang disayangkan lagi, Derawan milik masyarakat Berau, tetapi yang menikmati warga luar Berau. Karena transportasi dari Tarakan-Derawan lebih murah sehingga tidak sedikit wisatawan ke Derawan melalui Tarakan, ketimbang lewat Balikpapan atau Samarinda," katanya.

Program travelling card akan secepatnya direalisasikan jauh sebelum Festival Derawan dimulai sehingga persiapannya nanti lebih matang, dan pelaksanaannya juga bisa lebih maksimal. "Karena itu industri pariwisata ini harus dikembangkan, agar wisatawan mendapatkan kemudahan  menuju ke tempat wisata," kata Hamid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.