Kompas.com - 25/01/2013, 11:13 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

PALANGKARAYA, KOMPAS.com- Situs Budaya Lewu Hante di Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, memerlukan perawatan yang lebih intensif. Beberapa bagian dari situs tersebut sudah mulai usang dan harus diperbaiki.

Di Lewu Hante berdiri dua betang atau rumah panggung khas Dayak. Sejumlah bagian di kedua rumah itu, Jumat (25/1/2013), dihiasi lumut. Tangga-tangga menuju pintu rumah pun mulai lapuk.

Di ruang salah satu rumah yang dijadikan museum, terlihat berbagai koleksi bersejarah namun sudah kusam atau dihinggapi karat. Koleksi itu seperti senjata tajam, guci, pistol kuno, dan tombak khas Dayak.

Di luar rumah, beberapa rumput liar tumbuh. Botol-botol dan sampah lain menumpuk di pinggir situs.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Barito Timur Darius Adrian mengatakan, Situs Budaya Lewu Hante yang dilengkapi bangunan pertunjukan itu memang memerlukan pembenahan. Banyak bagian atap rumah yang bocor. Selain itu, tak sedikit tempat kunci pintu sudah rusak.

"Biaya untuk memperbaiki situs tersebut belum dihitung tapi pembenahan sudah kami usulkan. Kami juga akan meningkatkan pengamanan situs," ujarnya.

Langkah itu dilakukan dengan membangun pagar di belakang situs. Pada bagian itu, tempat yang belum dipagar sepanjang 186 meter. Situs juga akan dilengkapi toko suvenir dan studio musik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.