Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Rusak Ambruk

Kompas.com - 25/01/2013, 02:29 WIB

BOGOR, KOMPAS - Tiga warga tewas akibat jembatan di Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang sedang mereka perbaiki ambruk. Masyarakat dan pedagang memperbaikinya secara swadaya karena merasa akses jembatan itu vital.

Tiga korban tewas adalah Iman Sanjaya (35), warga Sukagalih, Megamendung, serta Fredi Gunawan (67) dan Irlanudin (75), keduanya warga Citeko. Selain itu, ada dua warga terluka ringan, yakni Boy (30) dan Wahyu (25).

Saat dievakuasi, ketiga korban tewas masih hidup. Namun, akibat luka parah di kepala, mereka meninggal pada Rabu (23/1) sore dan Kamis pagi.

Saat kejadian, Rabu pukul 11.00, Iman, Fredi, Boy, dan Wahyu sedang memasang bambu dan kayu di atas jembatan selebar 1,2 meter dan panjang 15 meter itu. Sementara Irlanudin tengah melintasi jembatan tersebut menuju pasar.

Akibat banjir bandang

Fondasi jembatan penghubung perkampungan warga dan Pasar Cisarua itu hancur akibat banjir bandang Kali Cisarua, anak Sungai Ciliwung, pada Jumat pagi pekan lalu.

Setelah jembatan ambruk, Boy dan Wahyu bisa segera menepi, sedangkan Iman, Fredi, dan Irlanudin sempat terseret arus Kali Cisarua yang sedang tinggi akibat hujan dengan intensitas rendah. Mereka bisa dievakuasi sekitar 300 meter dari lokasi jembatan ambruk.

”Keponakan saya inisiatif saja membantu memperbaiki jembatan itu karena kebetulan dia berjualan sayuran di kios di pasar itu. Hanya memang mungkin perbaikannya ada kesalahan teknis, akhirnya roboh,” kata Sadili (41), paman Iman, Kamis.

Ragukan pemerintah

Menurut Niko (27), pedagang sandal yang berada sekitar 10 meter dari tepi jembatan itu, perbaikan jembatan merupakan inisiatif sekitar 30 pedagang dan pemilik kios di dekat jembatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com