Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2013, 21:10 WIB
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, hingga Rabu (23/1/2013) sebanyak 14.300 korban banjir Jakarta masih mengungsi di 90 lokasi pengungsian. Pengungsi tersebar di Jakarta Timur sebanyak 4.475 jiwa, Jakarta Selatan 1.563 jiwa, Jakarta Barat 4.751 jiwa, dan Jakarta Utara 3.511 jiwa.

“Sebanyak 225 RT, 92 RW dan 27 kelurahan masih terdapat genangan banjir dengan ketinggian 10 sampai 180 cm. Sebanyak 6.853 KK atau 10.219 jiwa terdampak oleh banjir pada hari ini,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Rabu malam.

Untuk diketahui, beberapa lokasi banjir di Jakarta telah surut. Namun sebagian masih digenangi air dan hari ini hujan deras kembali mengguyur Jakarta. Sutopo menjelaskan di Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur genangan air sedalam 30 hingga 50 cm. Di kawasan tersebut terdapat pengungsi 1.275 jiwa. Mereka mengungsi di pinggir kali, Sudinkes Jakarta Timur, Jl. Jatinegara Barat, SDN 01, GPIB Koinonia, RS Hermina, Masjid Attawabin, dan GOR Jaktim. Kemudian, beberapa rumah di Kelurahan Cililitan masih terendam banjir sedalam 30 cm. Sebanyak 3.200 warga mengungsi di 6 lokasi.

Banjir sedalam 50 cm juga masih merendam  Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan. Pengungsi mencapai 1.058 jiwa.
“Warga memerlukan obat-obatan, pembalut, pakaian, dan pompa sedot,” kata Sutopo.

Sementara itu di Jakarta Barat, warga Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng yang mengungsi sebanyak 674 jiwa. Rumah mereka masih terendam banjir hingga 20 cm. Kemudian di Kelurahan Cengkareng Barat sebanyak 800 jiwa dan di Kelurahan Pekojan Kecamatan Tambora sebanyak 1.285 jiwa.

Banjir paling tinggi mencapai 180 cm masih merendam kawasan Pluit, Jakarta Utara. Sebanyak 1.705 warga Kelurahan Pluit mengungsi di Lapangan futsal, Gedung Cometa, dan Apartemen Laguna. Kemudian di Kelurahan Penjaringan sebanyak 1.126 jiwa mengungsi di SDN 03, 04 Penjaringan, dan Kantor Kelurahan Penjaringan. Tinggi genangan di kawasan tersebut masih berkisar 20 sampai 100 cm.

Sutopo menjelaskan, persedian logistik masih cukup hingga tiga hari ke depan. Beberapa pos kesehatan untuk para pengungsi korban banjir juga masih didirikan di beberapa lokasi.

“Penanganan pengungsi terus diberikan kebutuhan dasarnya. Stok logistik dan pelayanan medis mencukupi,” katanya.

BNPB juga telah mengantisipasi prediksi air pasang disertai hujan deras yang memicu banjir besar kembali terjadi pada akhir Januari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.