Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Korban Banjir Huni Rusun Marunda

Kompas.com - 23/01/2013, 18:22 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebanyak 37 keluarga dengan 152 jiwa korban banjir Pluit, Jakarta Utara, Rabu (23/1/2013) sore, mulai berbondong-bondong meninggalkan pengungsian menuju Rumah Susun Marunda di Cilincing. Mereka menerima tawaran pemerintah DKI Jakarta yang menjanjikan unit rusun dengan segenap kelengkapannya.

"Sore ini mereka mulai masuk ke Rusun Marunda. Ada 20 unit yang sudah siap, sisanya akan dilengkapi secara bertahap, termasuk pendaftar berikutnya," kata Kepala Unit Pengelola Teknis Rumah Susun Wilayah I Jakarta Utara, Kusnindar.

Pada Senin (21/1/2013), Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengajak sejumlah perwakilan pengungsi di Pluit, Jakarta Utara, ke Rumah Susun Marunda. Dia berharap pengungsi dari daerah-daerah terlarang mau pindah agar tak jadi masalah di masa mendatang.

Basuki berharap warga yang tinggal di daerah genangan Waduk Pluit dan area terlarang untuk tak kembali setelah banjir surut. "Jika balik lagi dan tak mau pindah, kemudian nanti terjadi banjir besar lagi, jangan salahkan pemerintah," ujarnya.

Pemerintah DKI Jakarta mengiming-imingi calon penghuni dengan melengkapi rusun dengan kasur, televisi, alat pengatur suhu, kulkas, satu set kursi dan meja, kompor berikut bahan pokok. Pemerintah DKI Jakarta juga membantu permodalan bagi penghuni baru yang akan membuka usaha di lantai dasar yang disediakan untuk menghidupkan usaha kecil menengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com