Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Bali Gagalkan Penyelundupan 13 Penyu Langka

Kompas.com - 22/01/2013, 20:33 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com -- Polair Polda Bali menggagalkan upaya penyelundupan 13 penyu langka yang akan dijual ke Bali, Selasa (22/01/2013). Penyu hijau ini diamankan dari sebuah kapal motor di perairan Tanjung Benoa saat petugas sedang melakukan patroli dini hari tadi.

Dari 13 penyu yang diamankan, 1 ekor di antaranya dalam keadaan mati, dan sisanya yang masih hidup dititipkan di penangkaran penyu Serangan, Denpasar.

"Petugas sebelumnya telah mendapatkan informasi akan adanya penyu langka yang akan memasuki Pelabuhan Benoa sehingga pengawasan lebih diintensifkan," ujar Kepala Seksi Penindakan Sub-Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Polair Polda Bali, Kompol Ketut Rai Suandi, di kantornya, siang tadi.

Selain menyita barang bukti penyu, petugas juga mengamankan satu orang nahkoda dan dua awak kapal Kapal Berneo KM 01. Menurut pengakuan mereka, kapal berangkat dari Perairan Kelan, Kedonganan, pada 2 Januari menuju Sumbawa, Nusa Tenggara Barat untuk menangkap penyu yang akan dijual ke Bali.

Dalam dua bulan terakhir, sudah 3 kasus penyelundupan penyu yang berhasil digagalkan di sekitar perairan selatan Bali. Dalam kasus sebelumnya, penyu selundupan yang kondisinya sudah membaik sudah dilepas ke habitat asalnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com