Kompas.com - 22/01/2013, 16:57 WIB
|
EditorRusdi Amral

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) hingga Selasa (22/1/2013) pukul 15.30 mencatat jumlah rumah rusak akibat bencana gempa bumi di Aceh, khususnya di wilayah Kabupaten Pidie sebanyak 49 unit. Dari jumlah itu, 26 rumah di antaranya mengalami rusak berat dan 23 rusak ringan.

Kepala BPBA Jarwansyah saat dihubungi mengungkapkan, rumah rusak tersebut berada di wilayah Kecamatan Mane dan Kecamatan Geumpang, Pidie. Selain rumah, gempa juga merusakkan pos pengamatan gunung api Peut Sagoe di Geumpang, Pidie, serta merusakkan bangunan Masjid Langgien di Bandar Baru, Pidie Jaya.

Mengenai korban meninggal dunia, BPBA mencatat ada satu orang, yaitu Tutia Rahmi (9), warga Desa Mane, Kecamatan Mane, Pidie. Ibu dan kakak perempuan Tutia, yaitu Mariana (30) dan Raudhatul Jannah (12), mengalami luka-luka.

Di Kecamatan Geumpang, jumlah orang yang mengalami luka-luka sebanyak delapan orang. " Dari jumlah itu, lima orang telah dirawat di Puskesmas Geumpang, dan satu orang telah dirujuk ke RS Sigli. Dua orang lagi rawat jalan," kata dia.

Para korban luka tersebut adalah Aisyah (40) warga Desa Puloloih, mengalami luka berat; Ita Darni (35) warga Desa Puloloih, luka berat; Siti Harfah (27) warga Desa Puloloih, luka berat; Rahil (3) warga Desa Puloloih, luka berat; Nasrin (30) warga Desa Keune, luka ringan; Mikiar (10) warga Desa Puloloih, luka ringan; Sarifah (70) warga Leupe, terserang jantung; dan Samah (65) warga Desa Puloloih, luka ringan. Dengan demikian, jumlah korban luka sebanyak 10 orang.

Data jumlah kerusakan dan korban luka yang dirilis BPBA tersebut agak berbeda dengan hasil rekapitulasi sementara dampak gempa di Pidie yang disampaikan Bupati Pidie, Sarjani Abdullah. Dalam pesan layanan blackberry messenger (BBM) yang diterima Kompas, Sarjani mengungkapkan, korban meninggal dunia satu orang, luka 15 orang.

Selain itu, Sarjani juga menyebutkan, rumah rusak sebanyak 84 unit, meunasah 2 unit, kantor Camat Mane satu unit, sekolah satu unit, puskesmas satu unit, dan kompleks kompi TNI empat unit.

Seperti diketahui, pada Selasa (22/1/2013) subuh tadi, warga Aceh kembali dikejutkan oleh dua getaran gempa dengan Skala 6 MM (moment Magnitude) atau sekitar 6,0 skala Richter (SR) dan 4,7 MM atau sekitar 5,1 SR. United State Geological Survey (MSGS) mencatat , gempa pertama berpusat di 4.961° LU dan 96.083° BT pukul 05:22:54 dengan kedalaman 16 Km dan gempa kedua 5.009° LU dan 96.039° BT pukul 05:48:07 dengan kedalam an 14 Km. Gempa pertama dengan gempa kedua cuma berselang 25 menit. Kedua gempa tersebut bersumber di kawasan Mane Geumpang, Kabupaten Pidie, Aceh.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.