Kompas.com - 22/01/2013, 16:31 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Reydonnyzar Moenoek menegaskan, Pemprov Lampung harus segera mengganggarkan dana pemilihan gubernur di 2013 ini. Hal ini juga berlaku bagi 42 daerah lainnya yang terkena pemajuan jadwal pilkada pada 2013.

Ketentuan ini akan segera dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) mengenai pemajuan jadwal pilkada 42 daerah.

"Hari ini kami menyiapkan draft telaah urgensi pengajuan Perppu kepada Presiden. Perppu ini akan menjadi landasan untuk percepatan jadwal (pilkada), seraya kita menunggu percepatan pembahasan RUU (pemilu)," tutur Reydonnyzar dihubungi, Selasa (22/1/2013).

Menurutnya, percepatan jadwal pilkada bagi 43 daerah yang masa jabatannya berakhir di 2014 itu dilakukan atas pertimbangan untuk menjaga stabilitas dan kepastian hukum.

"Jika tidak dipercepat ke 2013, tidak bisa dibayangkan betapa beratnya beban tugas KPU untuk juga melaksanakan pemilu di 2014," tuturnya.

Dengan diterbitkannya Perppu yang juga akan mengatur soal anggaran pilkada itu nantinya, maka tidak ada alasan daerah untuk menolak menganggarkan dananya.

"Dalam kasus di Lampung, tidak lagi boleh terjadi KPUD dan gubernur saling berdebat soal jadwal pilgub. Gubernur harus segera mengganggarkan dana melalui APBD Perubahan. Jika tidak mau, artinya melanggar hukum," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, mekanisme pembahasan perubahan APBD ini diatur di dalam PP 58/2005 dan Permendagri No. 13/2006. "Di dalam aturan ini, pembahasan APBD perubahan bisa dipercepat, misalnya bulan April. Itu tidak masalah," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.