Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lamongan Sukses Kelola Bank Sampah

Kompas.com - 22/01/2013, 14:20 WIB
Adi Sucipto

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com — Pada 2012, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, sukses mengelola timbunan sampah hingga 25 persen atau 28,3 meter kubik. Pada 2013 ini, melalui Program Lamongan Green and Clean, timbunan sampah yang bisa dikurangi ditargetkan mencapai 40 persen. Untuk itu, setiap kecamatan diminta punya sedikitnya satu bank sampah.

Tahun lalu, setiap kecamatan di Lamongan menyertakan satu RT untuk menjadi peserta perintis dalam Program Lamongan Green and Clean (LGC). Tahun ini ditargetkan terbentuk 182 bank sampah yang profesional.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Lamongan Sukiman, Selasa (22/1/2013), menjelaskan, tahun lalu masih ada sejumlah titik yang belum memisahkan sampah organik dan sampah anorganik. Tahun ini semua sampah sudah harus terpilah sebelum diproses.

Kesuksesan program LGC tahun lalu didukung peran serta 4.642 kader lingkungan. Partisipasi masyarakat sangat tinggi, nilainya mencapai Rp 2,320 miliar. Nilai ekonomis dari pengelolaan bank sampah berupa sampah kering mencapai Rp 245 juta, sedangkan sampah basah Rp 177 juta.

Program LGC juga memunculkan inovasi masyarakat, seperti waste water treatment (perangkat pengelola air limbah) di 20 RT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com