Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Guncang Aceh, BPBD Kumpulkan Data Kerusakan

Kompas.com - 22/01/2013, 13:34 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie mulai mendata kerusakan yang menimpa warga di tiga kecamatan di Pide yang terkena dampak gempa. Tiga Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Tangse, Kecamatan Mane dan Kecamatan Geumpang.

Kepala BPBD Kabupaten Pidie, Apriadi, mengatakan, saat ini pihaknya masih menghitung dan memastikan kondisi kerusakan yang terjadi. "Dan kami juga memastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada penambahan korban jiwa baik korban meninggal dan korban luka-luka, sambil kita juga mendata jumlah kerusakan," jelas Apriadi, Selasa (22/1/2013).

Menurut Apriadi saat ini jumlah korban luka bertambah menjadi 10 orang, masing-masing satu korban luka berasal dari Kecamatan Mane dan 9 korban lainnya berasal dari Kecamatan Geumpang. "Ada satu yang menderita luka parah dan kini sudah dibawa ke rumah sakit umum daerah di Kota Sigli," katanya.

Sementara puluhan rumah dilaporkan menderita rusak sedang dan rusak parah, bahkan kerusakan rumah di Kecamatan Geumpang rata-rata mencapai 90 persen. "Kami terus mendata, yang jelas banyak rumah rusak, namun demikian tidak ada warga yang mengungsi, pasca gempa mereka kembali ke rumah masing-masing termasuk warga yang ruamhnya rusak, mereka kini membersihkan puing-puing kerusakan," sebut Apriadi.

Pemerintah Kabupaten pun akan segera menyalurkan bantuan. Selain di Kabupaten Pidie, kerusakan juga dirasakan di Kabupaten Pidie Jaya. Di Kabupaten Pidie Jaya sebuah mesjid dilaporkan rubuh akibat guncangan gempa.

Hingga saat ini korban jiwa meninggal dilaporkan atas nama Tuti Rahmi (11) warga Desa Mane Cot, Kecamatan Mane. Sementara korban luka-luka berjumlah 10 orang, satu diantaranya menderita luka parah dan sudah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Sigli.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Mata Ie Banda Aceh Syahnan menyebutkan, terjadi 10 kali gempa susulan setelah gempa utama yang mengguncang sebagian besar kota di Aceh, pada Selasa (22/1/2013) subuh. "Susulan yang terasa manusia hanya sekali yakni gempa kedua dengan kekuatan 5,1 skala richter, selebihnya tidak dirasakan, dan gempa-gempa susulan ini berkekuatan berkisar antara 3 hingga 4 skala richter," kata Syahnan.

Syahnan juga mengimbau warga untuk tetap waspada dan tidak panik saat menghadapi gempa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com