Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Tiket Elektronik Transjakarta Tak Terkait 100 Hari Kerja

Kompas.com - 22/01/2013, 13:14 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Selasa (22/1/2013), meluncurkan tiket elektronik atau e-ticketing bus transjakarta. Jokowi membantah bahwa program tersebut sengaja diluncurkan bertepatan dengan seratus hari kerjanya sebagai Gubernur DKI.

"Enggak ada. Saya enggak punya seratus, seribu, dua ribu hari," kata Jokowi seusai meluncurkan e-ticketing transjakarta di Silang Monas, Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta tersebut mengatakan, ia hanya ditugaskan oleh masyarakat Jakarta untuk terus bekerja melayani masyarakat dan yang berhak menilai kinerjanya baik atau tidak hanyalah masyarakat.

Dengan peluncuran tiket elektronik tersebut, Jokowi berharap ada peningkatan pendapatan penjualan tiket setiap hari dan memberikan kontribusi besar bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Penerapan sistem e-ticketing tersebut juga dilakukan melalui kerja sama dengan lima bank, yaitu Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, dan Bank DKI. Kerja sama tersebut merupakan implementasi dari kebijakan satu jenis kartu untuk penggunaan semua moda transportasi di Jakarta.

"Produk e-money ini nantinya datang dari konsorsium lima bank yang akan terintegrasi pemakaiannya untuk kopaja, metromini, kereta api, dan transjakarta," kata Jokowi.

Dengan 12 koridor busway, transaksi penjualan tiket transjakarta mencapai 320.000 transaksi per hari. Dengan harga tiket sebesar Rp 3.500 per satu perjalanan, pendapatan yang diperoleh dari transaksi penjualan tiket mencapai Rp 1,12 miliar per hari. "Dengan penunjukan lima bank itu, diharapkan dapat bersama-sama mengimplementasikan e-ticketing transjakarta. Lima bank tersebut juga akan membantu melakukan investasi e-ticketing transjakarta dan sebagai kompensasinya bank dapat memanfaatkan halte bus untuk sarana edukasi dan pemasangan ATM sebagai sarana isi ulang," kata Jokowi.

Dengan demikian, diharapkan transaksi e-ticketing pada tahun 2013 diperkirakan akan mencapai 1 juta transaksi per hari. Jika seluruh harga tiket disetarakan dengan tiket bus transjakarta, pendapatan dari penjualan tiket sebesar Rp 3,5 miliar per hari. Satu bulan akan mendapatkan Rp 105 miliar dan dalam satu tahun minimal diperoleh Rp 1,26 triliun.

Layanan e-ticketing ini akan diuji coba untuk Koridor 1 Blok M-Kota, sedangkan koridor lainnya baru dimulai Februari-April 2013. Penjualan kartu post-launching akan dilakukan di 13 shelter, yaitu Blok M, Dukuh Atas, Sarinah, Harmoni, Kota, Pulogadung, Arion, Utan Kayu, Manggarai, Ragunan, GOR Sumantri, Mampang, dan Kuningan Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com