Kompas.com - 22/01/2013, 11:52 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

KUPANG, KOMPAS.com — Sail Komodo di Nusa Tenggara Timur, yang berlangsung selama 45 hari dengan puncak acara pada 9 September 2013 di Labuan Bajo, harus disiapkan secara matang.

Di setiap kabupaten, titik destinasi akan mementaskan seni budaya dan mempersiapkan cendera mata khas daerah itu.

Pertemuan pembahasan persiapan Sail Komodo dihadiri perwakilan 21 kabupaten/kota se-NTT di Kantor Gubernur NTT di Kupang, Selasa (22/1/2013). Pertemuan dipimpin Kepala Bidang Humas Badan Infokom NTT Wely Pah.

Perwakilan dari 21 kabupaten/kota terdiri atas unsur perhubungan, pariwisata, informasi dan komunikasi, serta aparat keamanan.

Wely Pah mengingatkan peserta rapat bahwa semua persiapan Sail Komodo harus dimulai dari sekarang, terutama infrastruktur seperti jalan, jembatan, air bersih, penginapan, jaringan telepon, dan listrik. "Tarian-tarian daerah, lagu-lagu daerah, musik daerah, dan sejumlah kearifan lokal harus disiapkan secara matang, lengkap, dan memenuhi unsur seninya," kata Pah.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata NTT Bona Rumat mengatakan, Sail Komodo berlangsung 45 hari. Peserta asing mulai bergerak dari Darwin, Australia, 26 Juli, dan tiba di Kupang, 28 Juli.

Sekitar 500 peserta asing hadir dalam acara itu. Mereka akan disambut secara tamu kehormatan di Kupang kemudian melanjutkan perjalanan dua jalur di perairan NTT. Satu jalur ke arah utara dan satu lagi ke selatan. Mereka akan singgah di 21 kabupaten/kota di NTT seperti Kota Kupang, Alor, Larantuka, Maumere, Ende, Bajawa, Ba'a, Waingapu, dan Tambolaka.

"Sejumlah tradisi budaya dan kearifan lokal akan dipentaskan di sana. Masyarakat pun disiapkan untuk berperilaku menjual obyek-obyek yang ada seperti keramahan, kesopanan, dan seterusnya," kata Bona.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.